Kecerdasan Adversitas (Adversity Quotient) dan pengaruhnya terhadap terhadap Stres Akademik Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender)

Shinta Febrina, Detri Sefianmi, Devy Sekar Ayu Ningrum, Rena Nadya Destiana

Abstract


Abstract: This study aims to see how the impact of adversity quotient on academic stress of college students who are completing their final assignment. We used quantitative design of research with the type of causality. The respondents of this study were 121 college students from faculty of psychology Universitas Jenderal Achmad Yani. The measuring of adversity quotient based on theory from Paul G. Stolz (2000) which consists of 24 items with reliability value 0.945. The measuring of academic stress based on theory from Sun, Dunne, Hou and Xu (2011) which consist of 26 items with reliability value 0.940. We used simple regression linear to analyze the hypothesis. We found that adversity quotient has significant impact on academic stress (p < 0.001) with amount of influence 44%. Based on the result of this study, it can be used as reference for faculty to develop adversity quotient program as an effort to manage academic stress within college students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak adversity quotient terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Responden penelitian terdiri dari 121 mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani.  Alat ukur Adversity Quotient disusun berdasarkan teori dari Paul G. Stolz (2000) yang terdiri dari 24 aitem dengan nilai reliabilitas 0.945. Alat ukur Academic Stress disusun berdasarkan teori dari Sun, Dunne, Hou dan Xu (2011) yang terdiri dari dari 26 item valid dengan nilai reliabilitas 0.940. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil analisa menunjukkan bahwa adversity quotient berpengaruh secara signifikan terhadap academic stress (p < 0.001) dengan besaran pengaruh sebesar 44%. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan menjadi referensi bagi pihak fakultas dalam mengembangkan program untuk meningkatkan adversity quotient sebagai upaya pengelolaan academic stress pada mahasiswa.



Keywords


Adversity Quotients; Academic Stress; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Quotient Berdasarkan Enam Rukun Iman dan Lima Rukun Islam. Arga.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1).

Amirullah. (2022). Stres Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Ini Berakhir Gangguan Mental dan Dipasung. . Https://Aceh.Tribunnews.Com/2022/07/28/Stres-Mengerjakan-Skripsi-Mahasiswa-Ini-Berakhir-Gangguan-Mental-Dan-Dipasung?Page=3.

Andriati, R., Indah, F. P. S., & Yunita, R. (2020). Determinan Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Sudah Bekerja. . Edu Masda Journal, 4(2).

Anggara Sutalaksana, D., & Kusdiyati. (2020). Hubungan Stres Akademik Dengan Subjective Well- Being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Prosiding Psikologi.

Arsyad, M. (2021). Gambaran Academic Hardiness Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Periode 2019-2020. Journal of Psychological Perspective, 3(2).

B, H. , & H. R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2).

Bakhtiar, P. H., Razak, A., & Nurdin, M. N. H. (2022). Adversity Quotient dan Stres Akademik pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sultra Educational Journal, 2(1), 10–17.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of control. W. H. Freeman.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Carsita, W. N. (2019). Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Yang Menyusun Skripsi. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 6(2), 76.

Dewantari, A. G., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Adversity Quotient dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 629.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. Springer Publishing Company. Inc.

Maitri, G., Dharma, I., Yuliadi, I., & Setyowati, R. (2020). Hubungan antara Adversity Quotient dengan Distres Psikologis pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Philanthropy Journal of Psychology, 4, 172191.

Mawardi, K. (2019). Tingkat Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Aktivis. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 120–130.

Mokoginta, N. S. (2022). Perbedaan adversity quotient ditinjau dari jenis kelamin dan keaktifan berorganisasi pada mahasiswa di Kota Makassar.

Muslimin, Z. I. (2021). Hubungan Antara Berpikir Positif Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 115.

Prasetyawan, A. B., & Ariati, J. (2020). Hubungan Antara Adversity Intelligence Dan Stres Akademik Pada Anggota Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Di Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 619–632.

Setyorini, I. (n.d.). Survei: Tugas Kuliah Jadi Sumber Utama Stres di Kalangan Mahasiswa. . Https://Www.Kompas.Id/Baca/Muda/2019/07/03/Survei-Tugas-Kuliah-Jadi-Sumber-Utama-Stres-Di-Kalangan-Mahasiswa.

Solikhah, A., & Widyastuti. (2021). Relationship Between Adversity Quotient And Academic Stress In Muhammadiyah 9 Boarding School . Academia Open, 5, 1–12.

Stoltz, P. (2000). Adversity Quotient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X., Yu, & Xu, A. qiang. (2011). Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and reliability with Chinese students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534–546.

Supradewi, R. (2021). Stres Akademik Ditinjau Dari Adversity Quotient Mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula Tahun Pertama Pada Masa Pandemi Covid-19 Maret 2021. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 3, 81–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.4988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id