Pola Asuh sebagai Moderator Layanan Bimbingan dan Strategi Taktis Orang Tua terhadap Pembentukan Perilaku Etis Anak

Zhila Jannati, Muhammad Randicha Hamandia

Abstract


Abstract: The character crisis that leads to children's behavior today has become a frightening specter for parents in particular, because of that parents must be careful in paying attention to the development of children's behavior. The purpose of this study is to represent parenting style as a moderator of guidance services and tactical strategies in cultivating children's ethical behavior. This research was carried out in 2021, the research location was in Desa Lingge Kab. Empat Lawang. The research design uses a qualitative approach with the case study method. Data collection uses (1) in-depth interviews; (2) direct observation; (3) documentation. Data analysis used Miles and Huberman's model analysis. The results of the study found that the parenting style used by parents in instilling ethical behavior in their children uses guidance services with a behavioral modeling approach. The results of this study contribute as enrichment material (theoretical and practical reviews) regarding parenting styles and their influence in instilling ethical behavior in children based on guidance services.

Abstrak: Krisis karakter yang mengaraah pada perilaku anak saat ini telah menjadi momok yang cukup menakutkan bagi kalangan orang tua khususnya, karena itu orang tua harus cermat dalam memperhatikan perkembangan perilaku anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk merepresentasikan pola asuh orang tua sebagai moderator layanan bimbingan dan statregi taktis dalam menumbuhkan perilaku etis anak. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2021, lokasi penelitian di Desa Lingge Kab. Empat Lawang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam; (2) observasi langsung; (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pola asuh yang digunakan orang tua dalam menanamkan perilaku etis pada anaknya menggunakan layanan bimbingan dengan pendekatan behavioral modelling. Hasil penelitian ini berkontribusi sebagai bahan pengayaan (tinjauan teoretik dan praktik) perihal pola asuh orang tua dan pengaruhnya dalam menanamkan perilaku etis pada anak berbasis layanan bimbingan.


Keywords


Anak ; Layanan bimbingan; orang tua; Perilaku etis; pola asuh

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak, serta Budi Pakerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46–54.

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1).

Aquarysta, A. H., Tirka, W., & Dantes, N. (2018). Pengaruh Teori Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study Terhadap Self Endurance. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(1), 25-35.

Anwar, A. (2016). Kontribusi Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi Perspektif Modal Sosial di Kota Parepare). Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 9(1), 57-65.

Corey, G. (2013) Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi (Penerjemah E. Koeswara). Bandung: PT. Refika Aditama.

Dharsana, & Suranata. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Hasanah, U. (2016). Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82.

Helmawati. (2017). Pendidikan karakter Sehari-hari. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Kusdi, S. S. (2018). Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-111.

Kusmiati, E., Sari, D. Y., & Mutiara, S. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak di Masa Pandemi. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). 78-93

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2).

Lastrini, K., Tirka, I. W., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study terhadap Self Exhibition. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 32-40.

Lubis, A. A., Oktariana, R., & Hayati, F. (2021). Pola Asuh Orang Tua Single Parent dalam Perkembangan Kepribadian Anak: Studi Kasus di desa Koata Lintang, Kec. Kota Kuala Simpang Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1),

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122

Mufaro’ah., Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh Gawai dalam Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 11(1). 96-113.

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muslimah, J., Maghfiroh, M., & Astuti, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tk Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-9.

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888

Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13-24.

Prayogi, F., & Utomo, P. (2021). Cognitive-Behaviour Modification: Kemanjuran Teknik Self-Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 209-218. https://doi.org/10.52217/lentera.v14i1.958

Rahmat, S. T. (2019). Peran Keluarga Sebagai Basis Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyongsong Era Bonus Demografi. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-20.

Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 4(2).

Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293-308

Salafuddin., Santosa., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus pada Anak TKW di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah), JPAI: Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia, 2(1), 18-30

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 6(2), 77-85.

Subagia, A., & , Dharsana, S. (2014). Penerapan Konseling Karir Holland Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TKJ 1 Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Subiantari, N. P., Dharsana, I. K., & Made Sulastri, M. P. (2015). Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Nurturance Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 3(1).

Supandi, D., Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Moral Remaja (Studi Kasus di Desa Pernek). JURNAL PSIMAWA: Diskursus Ilmu Psikologi & Pendidikan, 2(1), 35-46

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ak C Smk Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Sutarjo, Dewi Arum, S. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA SINGARAJA Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Arruz Media

Upali, P. (2017). Impact of family on children’s wellbeing. Journal of Sociology and Social Work. 5(1): 149-158. doi: 10.15640/jssw.v5n1a15.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15

Utomo, P., & Alawiyah, I. (2022). Family-Based Character Education: The Role of Parenting as the Basic of Character Education for Elementary Children. JPE: Journal of Primary Education, 2(1), 1-9.

Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35-50. DOI: 10.24235/prophetic.v5i1.11170

Utomo, P., & Sholihah, M. (2021). The effectiveness of using Educational Cinema Techniques to Increase Students’ Self-confidence : An Experimental Research. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(2), 51–61. https://doi.org/10.21831/progcouns.v2i2.41101

Utomo, P. (2021). Model Konseling Kelompok Berbasis Terapi Bermain Asosiatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa ABK. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 56-72. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.329

Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1): 31-39.

Wiladantika, P., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1), 2(1), 87-91

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 3(1), 25–32. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950

Zubaedi, Z., & Utomo, P. (2021). Nilai Kerja dalam Pendekatan Tasawuf dan Pengaruhnya Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Masyarakat Modern. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 1(2), 99-112. https://doi.org/10.32939/altifani.v1i2.912




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i2.4731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id