Representasi Tingkat Perbedaan Self-Awareness dan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Etis

Reza Pahlevi, Prio Utomo

Abstract


Abstract; Self-awareness and awareness of responsibility are important aspects of the development of children's ethical behavior, because it is important for children to be able to have both aspects. The purpose of this study is to represent differences in self-awareness and awareness of children's responsibilities and their influence on the formation of ethical behavior. The research method uses correlational studies. This research was carried out at SMA Merdeka Soreang in 2021. Data collection used a self-awareness and responsibility awareness scale. Data analysis using product moment correlation analysis. The calculated results obtained p value < 0.05, because the p value < 0.05 (alternative hypothesis (Ha) "there is no effect of self-awareness and awareness of children's responsibilities and their influence on the formation of ethical behavior" is accepted. The results obtained the conclusion that there is no there are differences in self-awareness and awareness of children's responsibilities and their influence on the formation of ethical behavior, where the two variables influence each other.The results of this study contribute as enrichment material both theoretically and practically on the effect of differences in self-awareness and awareness of children's responsibilities and their influence on formation of children's ethical behavior.

Abstrak: Self-awareness dan kesadaran tanggungjawab merupakan aspek penting terhadap perkembangan perilaku etis anak, karena itu penting bagi anak untuk dapat memiliki kedua aspek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk merepresentasikan perbedaan self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis. Metode penelitian menggunakan studi korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Merdeka Soreang tahun 2021. Pengumpulan data menggunakan skala self-awareness dan kesadaran tanggung jawab. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil hitung diperoleh nilai p < 0,05, karena nilai p < 0,05 (hipotesis alternative (Ha) “tidak terdapat pengaruh self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis” diterima. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa tidak terdapat perbedaan self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis, dimana kedua variabel tersebut saling mempengaruhi. Hasil penelitian ini berkontribusi sebagai bahan pengayaan baik secara teoretik maupun praktik terhadap pengaruh perbedaan self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis anak.


Keywords


Anak; Kesadaran diri; Kesadaran tanggungjawab; Perilaku etis;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Effendi, M. F., Akbar, S. N., & Nurrachmah, D. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kesadaran Diri Pada Siswa Smpn 8 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(1).

Esmiati, A., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 85–95.

Feist, J., & Feist, G. (2006). Theory Of Personality (Edisi keenam). Pustaka Pelajar.

Gall, M., Gall, J., & Borg, W. (2003). Educational Research: An Introduction (Seventh Edition). Allyn & Bacon, Incorporated.

Golemen, D. (2011). Working With Emotional Inteligence. Bantam Books.

Hurlock, E. (2002). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Maclin, O. (2009). Psikologi Kognitif. Erlangga.

Mustikasari, M. T. I., Utomo, P., Amaliyah, A., & Zubaidah, Z. (2021). Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP). JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 99–112. http://dx.doi.org/10.31851/juang.v4i2.5584

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888

Polk, D. (2013). Cultivating Self-Awareness with Team-Teaching: Connectionsbetween Classroom Learning and Experiential Learning. Journal of Leadership Education, 12(2), 122–135.

Prayogi, F., & Utomo, P. (2021). Cognitive-Behavior Modification: Kemanjuran Teknik Self-Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 209–218. https://doi.org/10.52217/lentera.v14i1.958

Saroji, Widyayanti, N. A., & Tupen, R. G. (2021). Kesadaran diri dan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. COUNSENESIA: Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 1–9.

Uno, H. (2008). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. PT bumi aksara.

Utomo, P., & Alawiyah, I. (2022). Family-Based Character Education: The Role of Parenting as the Basic of Character Education for Elementary Children. JPE: Journal of Primary Education, 2(1), 1-9.

Utomo, P., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). Peningkatan motivasi berprestasi siswa SMA melalui cognitive behavior counseling teknik self-instruction dan self-monitoring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 416-423. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10725

Utomo, P., & Zubaidah, Z. (2020). Self-monitoring Techniques: Perbedaan Peningkatan Achievement Motivation Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender). Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3533

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan ANak, 3(1), 25–32. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i2.4727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id