Gender dan Perilaku Sosial Mahasiswa: TikTok sebagai Tren Kekinian, Braggadocian Behavior hingga Hiperrealitas dan pengaruhnya terhadap Perilaku Mahasiswa di Kampus IKIP ‘SLW’
Abstract
Abstact: The presence of TikTok has created a mirage phenomenon for students, namely as a current trend, braggadocian behavior, and hyperreality, students use TikTok just for fun and seeking popularity such as style, fashion, and lifestyle. This study aims to uncover the impact and influence of TikTok on student behavior. This study uses qualitative research methods with variants of empirical phenomenological analysis to reveal the impact and influence of TikTok on student behavior. This research was carried out in 2021, the research subjects were students and active TikTok users. The results of the study revealed that the presence of TikTok among students had an impact and influence on student behavior, including (1) contemporary lifestyle; (2) narcissistic behavior; (3) addictive behavior; (4) consumptive lifestyle; (5) personal branding; (6) braggadocian behavior; (7) hyperreality. The conclusion of the study shows that the impact and influence of TikTok have resulted in changes in student behavior, namely maladaptive behavior. The results of this study contribute as an enrichment and reference material (novelty) related to the impact and influence of TikTok on student behavior.
Abstrak: Kehadiran TikTok telah menciptakan fenomena fatamorgana bagi mahasiswa yaitu sebagai tren kekinian, braggadocian behavior dan hiperrealitas, mahasiswa menggunakan TikTok hanya untuk bersenang-senang dan mencari popularitas seperti style, fashion, dan gaya hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengungap dampak dan pengaruh TikTok terhadap perilaku mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode riset kualitatif dengan varian analisis fenomenologi empiris untuk mengungkap dampak dan pengaruh TikTok terhadap perilaku mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2021, subjek penelitian yaitu mahasiswa dan aktif pengguna TikTok. Hasil penelitian mengungkap bahwa kehadiran TikTok di kalangan mahasiswa telah memberikan dampak dan pengaruh terhadap perilaku mahasiswa antara lain (1) gaya hidup kekinian; (2) perilaku narsistik; (3) perilaku adiktif; (4) gaya hidup konsumtif; (5) personal branding; (6) braggadocian behavior; (7) hiperrealitas. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa dampak dan pengaruh TikTok telah mengakibatkan pada perubahan perilaku mahasiswa yaitu perilaku maladaptif. Hasil penelitian ini berkontribusi sebagai bahan pengayaan dan acuan (novelty) terkait dampak dan pengaruh TikTok terhadap perilaku mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.
Agustyn, I. (2022). Dampak Media Sosial (Tik-Tok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 735–745. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46250
Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59–65.
Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10.
Eddles-Hirsch, K. (2015). Phenomenology and educational research. International Journal of Advanced Research, 3(8).
Gunawan, D. (2018). Penerapan Konseling Behavioral Teknik Modelling Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Usia 10 Tahun. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 105–118.
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’, 3(1), 112–119.
Kuen, M. M., & Kuen, F. A. (2020). Eksistensi Braggadocian Behavior Pada Media Sosial Tiktok. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(2), 47–55.
Maharani, R. P., Rahmawati, U., & Sari, D. N. (2022). Hiperrealitas Pengguna Tiktok. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 1–11.
Marizka, D. S., Maslihah, S., & Wulandari, A. (2019). Bagaimana Self-Compassion Memoderasi Pengaruh Media Sosial Terhadap Ketidakpuasan Tubuh? Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 56–69.
Nisak, M. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2).
Nurmansyah, F. (2021). Hiperrealitas pada Media Sosial Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–15.
Pohan, M., Jufrizen, J., & Annisa, A. (2021). Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Dimoderasi Literasi Keuangan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 402–419.
Prayogi, F., Utomo, P., & Bulantika, S. Z. (2024). Cognitive-Behavioral Counseling: A Strategy to Overcome Students’ Addiction to TikTok through Self-Instruction Method. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 14.
Putri, L. H., & Isrofins, B. (2021). Perilaku Narsisme dan Harga Diri Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa SMA. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 49–73.
Rahayu, S., & Hamidah, T. (2022). The Correlation Between Narcissistic Tendency and Subjective Well Being with the Intensity of TikTok Social Media Use on Adolescents. 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021), 1755–1761.
Rahmayani, M., Ramdhani, M., & Lubis, F. O. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3327–3343.
Rizal, A., Purwoko, B., & Hariastuti, R. T. (2020). Peningkatan Self Compassion Untuk Mereduksi Perilaku Adiktif Pengguna Sosial Media Bagi Siswa SMP. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 1–7.
Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(1), 100–109.
Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207–214.
Sari, D. P. (2021). Gangguan Kepribadian Narsistik dan Implikasinya Terhadap Kesehatan Mental. Konseling Islam: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 93–114.
Sari, Y. (2018). Analisis Personal Branding Gany Rahman Melalui Media Sosial Instagram [Binus University]. https://library.binus.ac.id/Thesis/RelatedSubject/2018-1-00425
Satriana, S. (2022). Kecanduan tiktok pada anak pesisir pantai dan implikasi layanan konseling kelompok (studi kasus). Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 98–106.
Suswandi, T. N., & Utomo, P. (2023). The Effect of Emotional Intelligence on the Quality of Social Media use among Adolescent. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, 2(1), 6-10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12012
Utomo, P., & Prayogi, F. (2021). Literasi Digital: Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 65-76.
Syamsudin, S., & Sukmawati, L. (2021). Pengaruh Aplikasi Tik Tok Terhadap Hubungan Sosial Masyarakat Indonesia Disaat Pandemi Covid-19 (Literature Review). NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan, 2(2), 93–110.
Yüksel, P., & Yıldırım, S. (2015). Theoretical frameworks, methods, and procedures for conducting phenomenological studies in educational settings. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 6(1), 1–20.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.4043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HAWA
LICENSE TERMS:

Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, LPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id


