Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Balok

Putri Aulia, Linda Fitria Rakhmadani Tanjung, Masganti Sit

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the stages of implementing the development of children's intrapersonal intelligence by using block puzzle media. In addition, this study also aims to determine the indicators that can be achieved by children using block puzzle media. The type of research used is qualitative research. Data collection using observation interview techniques and documentation studies. The sample used was 10 people from the entire population. The results found that there are three stages of implementation of developing children's intrapersonal intelligence by using block puzzle media, namely the preparation stage of implementation and closing or evaluation. Intelligence development through playing block puzzle activities can improve several indicators of intrapersonal intelligence, including children being able to take responsibility, children being able to understand the differences between themselves and others. Children are able to show courtesy and obey the rules, children are able to imagine well, children are able to show self-confidence, children are able to show courage and independence.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan pengembangan kecerdasan intrapersonal anak dengan menggunakan media puzzle balok. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator yang dapat dicapai oleh anak dengan menggunakan media puzzle balok. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan yaitu 10 orang dari seluruh jumlah populasi. Hasilnya didapatkan bahwa ada tiga tahapan pelaksanaan pengembangan kecerdasan intrapersonal anak dengan menggunakan media puzzle balok yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan penutup atau evaluasi. Pengembangan kecerdasan melalui kegiatan bermain puzzle balok dapat meningkatkan beberapa indikator kecerdasan intrapersonal, dian-taranya anak mampu bertanggung jawab, anak mampu memahami perbedaan antara dirinya dan orang lain. Anak mampu menunjukan sikap sopan santun dan menaati peraturan, anak mampu berimajinasi dengan baik, anak mampu menunjukkan sikap percaya diri, anak mampu menunjukkan sikap berani dan mandiri.


Keywords


Pengembangan; Intrapersonal anak; Puzzle balok

Full Text:

PDF

References


AISYAH, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 36-40. https://doi.org/10.36456/incrementapedia vol2 no02.23018

Angela Dinia, dkk. (2019). Perkembangan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Kelompok B Tk Negeri Pembina Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Jurnal PAUD Agapedia. 3(1)

Amstrong Thomas. (2013). Kecerdasan Multipel Didalam Kelas. Jakarta: PT. INDEKS.

Ardi, W. I., & Devianti, R. (2021). Peran Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 125–134. Https://Doi.Org/10.46963/Mash.V4i02.344

Azzahro Nur Latifah. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Balok Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tkit 1 Qurrota A’yun Ponorogo. Ponorogo.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-6.

Harahap Septi Ayu. (2024). Jurnal Program Studi PGRA. Pengembangan Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini Pada Sentra Sains Di Tk Islam Terpadu Nurul Ilmi. 10(1). Medan.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. 4.

Khadijah, Zahriani Nurul. (2020). Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Khadijah, Zahriani Nurul. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Medan: Merdeka Kreasi Group.

Rachmat, F. (2017). Kontribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 238–251. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.112.04

Sari, A., & Dewi Sagala, A. C. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V2i2.1638

Sit, M. (2020). Kecerdasan majemuk: rung lingkup dan indikatomya, prenada media group. http://ci.nii.ac.jp/ncid/BN12734255

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (Ape) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim / Journal Of Islamic Education, 2(1), 1–30. Https://Doi.Org/10.51275/Alim.V2i1.157

Sukesi Yeti, Tauchidiyah Umi Thohiroh. (202)1. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Permainan Balok Di Tk Dharma Wanita Persatuan Ii Karanganyar. 7(2). Jawa Timur.

Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 143-153. https://doi.org/10.31849 /paud-lectura või02 8632




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.3741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 HAWA



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id