Analysis of Characteristics and Initial Ability of Children (New Learners) at PAUD Hangtuah Kota Bengkulu
Abstract
Abstrak:
Setiap peserta didik memiliki kemampuan awal, yakni kemampuan yang telah dimiliki sebelum dia mendapatkan kemampuan terminal tertentu yang baru. Kemampuan awalmenunjukkan status pengetahuan dan keterampilan siswa sekarang untuk menuju ke status yang akan datang yang diinginkan pendidik agar tercapai oleh peserta didik. Sementara itu, Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas (Uniq), baik secara fisik, psikis, sosial, moral dan sebagainya. Masa kanak-kanak juga masa yang paling penting untuk sepanjang usia hidupnya. Kemampuan awal peserta didik sangat terkait dengan karakterisik dan gaya belajar peserta didik. Untuk melakukan analisa kemampuan awal peserta didik, setidaknya seorang pendidik mampu mengindentifikasi tiga karekter umum pada peserta didik yang terkait dengan perbedaan usia, perkembangan fisik, perkembangan motorik dan perkembnagan akademik. Disamping itu juga harus memahami betul perbedaan gaya belajar yang ada pada peserta didik dan tentu dengan menggunakan teknik tertentu, sedangkan teknik untuk mengidentifikasi karakteristik siswa adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan kuesioner, interview, observasi dan tes, latar belakang siswa. Kemampuan pendidik dalam menganalisis karakter dan kemampuan awal peserta didik berimplikasi pada desain pembelajaran yang dikembangkannya dan pada akhirnya berbuah pada pencapaian prestasi belajar yang gemilang.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi revolusi mental orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Jurnal edukasi nonformaL, 1(1), 16-31. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379.
Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.
Magdalena, I., Putri, R. H., Ismawati, S., & Khofifaturrahmah, M. (2020). Mengidentifikasi Karakter Awal Peserta Didik. NUSANTARA, 2(2), 219-226. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/807.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Fakta Press.
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Sya’roni, M. (2018). Urgensi Analisis Kemampuan Awal Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI. Cendekia, 10(1), 91–102.
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Utomo, P., & Alawiyah, I. (2022). Family-Based Character Education: The Role of Parenting as the Basic of Character Education for Elementary Children. Journal of Primary Education (JPE), 2(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i1.6976
Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35-50. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11170
Utomo, P. (2022). The Effect of Personal Guidance on the Formation of Child Spiritual Intelligence. Al Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(2), 86-94. https://doi.org/10.38073/almusyrif.v5i2.886
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v5i2.2571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HAWA
Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:




Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, LPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id