Womanology Perspektif Islam (Strategi Pemasaran pada Perempuan)

Yosy Arisandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  memaparkan keterkaitan antara pandangan Islam mengenai Womanology strategi marketing yang ditujukan pada wanita dengan hukum Islam, dampak yang mungkin terjadi dari strategi marketing tersebut dan bagaimana Islam mengatur dan mengarahkan pada kaidah pemasaran syariah sehingga wanita tetap berada dalam kontrol dalam melakukan pembelanjaan. Hasil penelitian menunjukkan Womanologi merupakan bekal ilmu penting dalam membidik pasar dikalangan wanita. Womanologi merupakan ilmu yang sangat mendukung dalam menentukan  strategi pemasaran pada target pasar wanita. Hal tersebut juga tergambar dengan jelas dalam Al-Quran dan Hadis yang secara khusus membahas mengenai  wanita dan kaidah-kaidah memperlakukan wanita.


Keywords


Womanology; Perspektif; Islam; Wanita; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Al Arif, Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail. 2011. Ensiklopedia Hadits; Shahih al-Bukhari 1, Terj. Masyhar dan Muhammad Suhadi. Jakarta: Almahira, Cet. I.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alafabeta. 2014

Dhofir, Muhil...[et. al]. Syarat dan Terjemah Riyadhus Shalihin/ Imam Nawawi...[et.al]. Jakarta: Muassasah Ar-Risalah. 2005

Hakim, Lukman. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Yogyakarta. Erlangga. 2012

Yuswohadi, Dyah Hasto Palupi, Teguh Sri Pambudi. Womanology-The Art of Marketing to Woman. Jakarta: PT. Gramedia. 2010

Kadiman, Kusmayanto. Tanpa Gaptek dan Gupsos Menuju Generasi Indonesia Bisa!, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2014

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, implementasi dan kontrol. Terjemahan Henra teguh dan Ronny Antonius Rusly. Edisi 9. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo. 2005

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 4, Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012

Rianto, Muh.Nur, Dasar-Dasar Pemasaran Syariah, Bandung : Alfabeta. 2012

Rivai, Veithzal dkk, Islamic Business and economic Ethic. Jakarta: Bumi Aksara. 2012

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2012

Sumber Internet

https://kbbi.web.id/perspektif diakses tanggal 3 Mei 2019 pukul 05.30 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HAWA



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id