PENERAPAN PBL DISERTAI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TJKT SMKN 1 KINALI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas XI Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) di SMK Negeri 1 Kinali, yang disebabkan oleh kurang optimalnya penerapan model pembelajaran dan minimnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Disertai Quizizz lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan PBL disertai Quizizz dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pada materi bunga tunggal dan bunga majemuk. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji-t menghasilkan nilai ,dengan P – Value = 0,046. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan model PBL disertai Quizizz lebih baik dari pada hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugraheni. (2018). Anugraheni, I. (2018). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. 1, 197–206.
Anwar, M. (2022). Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 12–20
Cholik, C. A. (2023). Pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran interaktif. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(1), 33–42.
Hasriatus. (2023). Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur). 7, 23929–23940.
Husna, N., Rahmi, A., & Fauzi, A. (2021). Analisis permasalahan pembelajaran matematika di sekolah menengah. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(2), 101–110.
Irfana, R. (2022). Analisis hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 77–86.
Ramadhani, S. (2019). Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 122–131.
Safriani, S., & Afriliansyah, A. (2020). Penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 42–49.
Savitri, D. i(2020). Matematika sebagai ilmu dasar dalam perkembangan teknologi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 55–63.
Selman, A., & Jaedun, A. (2020). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam pendidikan matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 88–96.
Simartama, P. S. B., Rahmawati, E., & Fadillah, A. (2024). Pengaruh model PBL berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Zebua Veronika, Rahmi, R. yusri. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal LEMMA, 6(2), 122–133. https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







