PENERAPAN MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX FASE D SMP NEGERI 12 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik, yang tercermin dari nilai sumatif akhir semester genap tahun ajaran 2024/2025. Selain itu, proses pembelajaran di kelas masih menunjukkan kecenderungan pasif, kurang mandiri, serta rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung di SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain posttest-only control group. Subjek penelitian terdiri atas dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan PBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 12 Padang, dengan sampel yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk esai. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney karena salah satu sampel tidak berdistribusi normal dengan L₀ = 0,224 dan L_tabel = 0,157, maka L₀ > L_tabel. Hasil analisis menunjukkan Z_hitung = -1,320 dan Z_tabel = -1,96. Karena Z_hitung > Z_tabel pada taraf signifikansi 0,05, maka H₀ ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Choirina Muqtafia, A., Indah Kurniawati, A., Maulina Amanda, F., Setiawaty, R., Guru Sekolah Dasar, P., Kunci, K., belajar, K., mengatasinya, C., & penyebab, F. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Sekolah Dasar : Tinjauan Literature Review. Seminar Nasional Lppm Ummat, 1(0), 296–309. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9660
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. Pembelajran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Gorontalo, 1(1), 68–74.
Kurniawati, I., & Joko, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan. 21(2).
Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127–137. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7152
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







