Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran terdiferensiasi berbasis model Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental non-equivalent control group design di SMP Negeri 17 Bintan. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 38 siswa pada kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran terdiferensiasi dengan model Discovery Learning, dan 38 siswa pada kelas kontrol yang menerima pembelajaran Discovery Learning tanpa menerapkan diferensiasi. Instrumen penelitian meliputi angket motivasi belajar, tes hasil belajar, dan tes kesiapan belajar. Data dianalisis menggunakan N-Gain ternormalisasi dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran terdiferensiasi dengan Discovery Learning secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dengan N-Gain 0,517 dibandingkan kelas kontrol 0,311. Hasil belajar juga meningkat signifikan dengan N-Gain 0,59 pada kelas eksperimen dibandingkan 0,46 pada kelas kontrol. Uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi 0,000 untuk motivasi dan 0,005 untuk hasil belajar (p < 0,05). Pembelajaran terdiferensiasi dengan Discovery Learning terbukti lebih efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R. T. (2025). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN. 3(3). https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p784-790
Anjarweni, B., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Peran Gaya Belajar dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 1636–1648.
Asmawati, N., Srijani, N., & Andriani, D. N. (2024). Pengaruh Self Efficacy Dan Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 1 Jiwan.
Elvi, M., Azmi, R. D., & Intasir, M. P. (2024). Penguatan literasi digital guru dalam pembelajaran terdiferensiasi di SMP Negeri 6 Bintan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 3730–3736.
Handayani, K., & Mauludea, H. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 28 Kota Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), 311–323. https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.6652
Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 61. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532
Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80.
Ismi, N., & Thahir, R. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. … Pendidikan Profesi Guru …, 11(1).
Likur, F. A. H., Balikh, R. A. P., & Teibang, M. H. I. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Ampera, Alor. Science and Education Journal (SNEJ), 2(1), 37–55.
Makhmuri, M., & Andini, N. A. (2020). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 21–29. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541
Novianto, A., Fitriani, N., Deniswa, A. S., Izzati, M. H., Firdaus, F., Ningrum, N., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 946–960.
Nuraisyah, M., & Izzati, N. (2020). Self-Efficacy pada Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar Madrasah Tsanawiyah Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 100–108.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Literasi Digital, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Prastowo, A. Y. (2023). Pengalaman mahasiswa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada matakuliah micro teaching. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 321–328.
Pristiwanti1, D., Badariah2, B., Hidayat3, S., & Ratna Sari Dewi4. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Purwaningrum, J. P. (2016). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 2, 102–114. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2657
Putri, N. H. S., Izzati, N., Elvi, M., Dwinata, A., Fera, M., & Rosmery, L. (2024). Pembimbingan Guru dalam Merancang Pembelajaran Terdiferensiasi di SMAN 1 Toapaya. Abdimas Galuh, 6(2), 2143–2150.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Saputri, A. N., Roulia, A. R., & Zuliani, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Karet 2 Kabupaten Tangerang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 58–70.
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.
Situmorang, H. B., Rahayu, P. M., & Munawwarah, R. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 117–120. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15475
Susanti, S., Siregar, N. A. R., & Elvi, M. (2022). Efektivitas LKPD berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas XI SMA. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 2(2), 44–53.
Syafi’i, M., & Fauziyah, Y. (2022). Hubungan kesiapan belajar matematika siswa dengan hasil belajar pada materi bangun datar. Jurnal Pembeljaran Matematika Inovatif, 5(1), 73–80. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.73-80
Triastuti, A., Agusdianita, N., & Desri, D. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Abad 21 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 290–295. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91561
Tsuraya, F. G., Azzahra, N., Azahra, S., & Puan Maharani, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







