Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berorientasi HOTS pada Materi SPLDV Ditinjau dari Self-Regulated Learning
Abstract
Studi ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menggambarkan kapasitas berpikir kreatif matematis peserta didik ketika mengerjakan permasalahan berbentuk narasi yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan mempertimbangkan aspek Self-Regulated Learning (SRL). Riset ini menerapkan metode kualitatif deskriptif yang diimplementasikan di SMKN 1 Seri Kuala Lobam terhadap peserta didik kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Perangkat penelitian mencakup kuesioner Self-Regulated Learning, instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis HOTS, serta panduan untuk melakukan wawancara. Prosedur pengumpulan data melibatkan distribusi kuesioner, pelaksanaan tes, dan pelaksanaan wawancara secara mendalam. Proses analisis data dikerjakan melalui tahapan reduksi data, presentasi data, dan formulasi kesimpulan dengan menggunakan triangulasi teknik sebagai metode validasi data. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kapasitas berpikir kreatif matematis peserta didik menunjukkan variasi yang dipengaruhi oleh level Self-Regulated Learning mereka. Peserta didik yang memiliki SRL tinggi berhasil mencapai indikator fluency, namun menghadapi hambatan dalam aspek flexibility, originality, dan elaboration. Peserta didik dengan SRL kategori sedang hanya berhasil memenuhi indikator fluency dengan kapasitas yang terbatas. Sementara itu, peserta didik dengan SRL rendah tidak berhasil memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Riset ini menyajikan ilustrasi mengenai signifikansi pengembangan Self-Regulated Learning dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, terutama dalam konteks penyelesaian soal-soal yang berorientasi pada HOTS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andiyana, M. A., Maya, R., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3).
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, 1–87.
Conie Fatwa, V., Septian, A., Sarah inayah, dan, Studi Pendidikan matematika, P., Suryakancana Jalan Muwardi Komplek Pasir Gede Raya, U., & Barat, J. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. 8(3).
Divanca, J., Nurani, Y., & Hikmah, H. (2023). Senam Kreasi AHARIA untuk Menstimulasi Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 7.
Jannah, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Ditinjau Dari Self Regulated Learning. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132.
Maya, F. A., Sari, I. K., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis Matematik Siswa Smk Pada Materi Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 167.
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://repository.uin-
Sholeha, W. J., & Nufus, H. (2025). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning dalam Problem Based Learning. Didactical Mathematics, 7(1), 151–165.
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–212.
Wennita. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswamenyelesaikan Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Pada Tahun Ajaran 2020 Di SMAN 1 Teluk Dalam Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2.
Winarti, & Istiyono, E. (2020). Taksonomi Hingher Order Thinking Skill Untuk Penilaian Pembelajaran Fisika. In Widya Sari Press Salatiga (Vol. 1).
Zakiyah, P. K. (2022). Self-Regulated Learning (SRL) Terhadap Motivasi Dan Kemandirian. Tesis, 1–105.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







