Pengembangan E-LKPD dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Liveworksheets pada Materi Barisan dan Deret untuk Kelas X SMA

Faizah Tasya Nabila, Tri Murdiyanto, Mimi Nur Hajizah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemanfaatan teknologi dalam bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) yang bertujuan menghasilkan produk beruba E-LKPD dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Liveworksheets pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas X yang valid dan layak digunakan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMAN 27 Jakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket kebutuhan siswa, pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi dan bahasa, serta ahli media, dan angket uji coba skala besar serta kecil oleh siswa dan guru. Adapun hasil penilaian produk dari ahli materi dan bahasa sebesar 91,43% dan 84,96% dari ahli media. Hasil penilaian produk pada uji coba skala kecil oleh guru sebesar 88,13% dan oleh siswa sebesar 87,58%. Kemudian hasil penilaian produk pada uji coba skala besar oleh guru sebesar 91,73% dan penilaian oleh siswa sebesar 88,01%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD dengan model pembelajaran CPS pada materi barisan dan deret yang dikembangkan secara keseluruhan memperoleh nilai 89,38% dengan kriteria valid dan sangat layak digunakan.


Keywords


E-LKPD, Model 4D, Creative Problem Solving, Barisan dan Deret

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., & Vahlia, I. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada mata kuliah matematika ekonomi program studi pendidikan matematika. 5(2), 152–160. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.668

Amali, K., Kurniawati, Y. & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 2, Issue 2).

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. In Nurul Amallia-Een Unaenah Attadib Journal of Elementary Education (Vol. 3, Issue 2).

Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37-47.

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1).

Fitriani, R. N., Pujiastuti, H., I., Sultan, U. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. 05(03), 2793–2801.

Maydiantoro, A. (2021). Reseach model development: brief literature review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1(2), 29–35.

Pirmanto, Y., Farid Anwar, M., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., & Sudirman, J. (2020). Analisis kesulitan siswa sma dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi barisan dan deret dengan langkah-langkah menurut polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4).

Prastika, Y., (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. (4)1.

Salsabila, E., & Antari Wijayanti, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 12 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4.

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). pembelajaran dengan model creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. PRISMA (Vol. 182, Issue 2).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id