Efektivitas E-LKPD Interaktif Berbasis Android dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan E-LKPD interaktif berbasis Android dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi lingkaran di kelas VIII SMP. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest sebanyak empat butir soal esai untuk mengukur pemahaman konsep, serta angket minat belajar untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media. Berdasarkan hasil uji efektivitas, diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 77,64 dan N-Gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematis setelah penggunaan E-LKPD. Selain itu, hasil angket minat belajar menunjukkan persentase rata-rata sebesar 91,88% dengan kategori sangat baik. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan E-LKPD interaktif berbasis Android efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi matematika, khususnya lingkaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hapsari, D. N., & Fahmi, M. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 12–21.
Mubarrok, H., Sari, N., & Aulia, R. (2025). Pengaruh media interaktif terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Interaktif, 3(2), 45–53.
Sahara, L. & Adistana, P. (2023). Efektivitas media digital dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 9(1), 1–10.
Septiani, R., Maulida, S., & Rachmat, H. (2022). Minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 5(3), 77–85.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







