DESIGNING FRACTION LEARNING TRAJECTORY WITH ISLAMIC VALUES INTEGRATION THROUGH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859
Anggraini, M., Fauzan, A., & Musdi, E. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Peluang Berbasis Realistic Mathematics Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1612
Anggraini, R. S., & Fauzan, A. (2018). The Influence of a Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Mathematical Comminication. Atlantis Press, 285, 208–210. https://doi.org/10.2991/icm2e-18.2018.48
Annisa, H., Ulum, M. M., Asnawi, M. H., & Laili, N. (2024). Pembelajaran Matematika Integrasi ( Materi Bilangan Pecahan dan Pengeluaran Zakat Mal Menurut Islam ). 1(2), 39–50.
Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2020). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/issue/view/1217, 1–9.
Fahrurrozi, Hayati, N., & Rohmi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Pokok Bilangan Bulat Dan Pecahan. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 124–132. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2648
Fajaruddin Atsnan, M. (2016). Keterlaksanaan Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57–63.
Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.
Febrianti, S., Imamuddin, M., & Isnaniah. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Terintegrasi Nilai-Nilai Islami. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.
Firdausi, I., & Suparni. (2022). Game Edukasi Android Deck Card untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Materi Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.736
Gee, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme). Jurnal Education and Development, 7(3), 269–277.
Halistin, H., Patih, T., Firman, A. Y., & Karmini, K. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Bilangan. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 159–180. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.159-180
Handayani, Y., & Aini, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Prosiding Sesiomadika, 4(1), 576–581.
Ikrom, F. D., & Sehabudin, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pecahan Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Professional Elementary Education, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i1.36
Juhdi, K. I., Nursuprianah, I., & Misri, M. A. (2017). Hubungan Pemahaman Konsep Pecahan dan Aturan Radd dalam Ilmu Faraid terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian Harta Warisan. Holistik - Journal For Islamic Social Sciences, 2(1), 29–44.
Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 8–11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1286/1047
Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN DESIMAL DENGAN PECAHAN CAMPURAN BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SDN 101771 TEMBUNG T.A 2018/2019. 9(2), 94–103.
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Mayuri Putri, I. S., Amri, S., & Anggraini, R. S. (2024). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Pada Materi Satuan Panjang. Edumatic, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.1053
Miskiyah, Anwar, R. B., & Wicaksono, S. (2024). PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM. Emteka, 5(2), 470–483.
Ningsih, F., Ririn, & Laswadi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Maromedia Flas 8 Pada materi Lingkaran. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 4(4), 11–20.
Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Desain penelitian sebagai pendekatan desain pembelajaran . CV. Reka Karya Amerta.
Rahayu, A., Laswadi, & Putra, A. (2024). Alur belajar perbandingan trigonometri dengan konteks bianglala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 11–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21628
Rahma, A., Zhara Adellia Adi, F., Azzahra, R., Dhiya, N., Clarissa Sedar, N., Hikmah, N., Permata Hati, P., Hasan Basri, J. H., & Selatan, K. (2023). Integrasi Ilmu Matematika Berupa Teori Peluang dan Konsep Agama Islam dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2023), 141–158. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index
Ramadhani, F., Citroresmi, N., & Mertika. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NEEDHAM UNTUK MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN Pendahuluan menggunakan materi matematika pilihan dan pola berpikir matematis , disesuaikan menitikberatkan pada mata pelajaran tersebut , untuk diajarkan kepada se. 5(2), 596–607.
Ramadhanti, P., Markos Siahaan, S., & Fathurohman, A. (2015). Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (Hlt) Pada Materi Elastisitas Untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 88–99.
Rezky, R. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 762–769. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.364
Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39–47. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926
Rokhmawati, L. N., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2023). ATURAN PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN DALAM KAIDAH PENCACAHAN: BAGAIMANAKAH DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY BERBASIS RME? JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 937–950. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17321
Rusnawati, F. W., Huduono, B., & Astuti, D. (2013). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. 2(1), 1–10. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.855
Sari, A., Revita, R., & Suhandri, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 135. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.11309
Sari, I. P., Suryani, M., & Delyana, H. (2024). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Matriks Kelas XI SMAN 12 Bungo. 7(September).
Septriyana, Y., Fauzan, A., & Ahmad, R. (2018). The Influence of Realistic Mathematics Education (RME) Approach on Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Atlantis Press, 178(165–169), 28–33. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2018.38
Sopie, D. S. A., & Nova Orvia. (2022). Kurangnya Pemahaman Masyarakat Tentang Pembagian Harta Waris Di Desa Panggungrejo Kabupaten Blitar. Jurnal Hukum PRIORIS, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.25105/prio.v7i1.14949
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Taskiyah, A. N. (2022). Pengembangan Buku Matematika Berpendekatan Realistic Mathematic Education Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan Kelas VII (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588
Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRI Di kelas VII. Jurnal Beta, 8(1), 86–99.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i1.8590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id