PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI RASIO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Rasio yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini hanya sampai pada tahap kedua yaitu preliminary research dan prototyping phase. Partisipan penelitian ini terdiri dari 2 orang pendidik matematika sebagai validator dan praktisi serta 12 orang peserta didik kelas tujuh di SMPN 2 Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan angket validasi, angket uji kepraktisan dan pedoman wawancara sebagai alat pengumpulan data. Analisis data penelitian meliputi analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Hasil analisis data kevalidan diperoleh bahwa LKPD berbasis RME yang dikembangkan memperoleh hasil validitas LKPD sebesar 88,51% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan memperoleh hasil sebesar 88,12% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis RME pada materi rasio di SMPN 2 Tilatang Kamang Kabupaten Agam dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Keywords
References
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024.
Friska, S. Y., Aulia, S., & Nanda, D. W. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Model Realistic Mathematic Education Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 10(2), 313–324. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13013
Javanisa, A., Fauziyah, F. F., Melani, R., & Rouf, Z. A. (2022). Implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi peserta didik. Jurnal kalam Pendidikan PGSD Kebumen, 1(1), 34–47.
Lukitasari, E., & Risanti, V. A. Z. W. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Statistika Kelas VIII Menggunakan Model ADDIE. SEMNAPTIKA : Pembelajaran Matematika Kreatif & Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, 189–195.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.
Marlina, M. (2019). PANDUAN PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH INKLUSIF.
Puspitasari, V., Rufi’i, R., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development, 8(4), 310–319.
Sa’diah, H., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Matematika SMP. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 54–63. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4097
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Solihati, A., Rahmawati, F., & Pamungkas, M. D. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 54–64.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Ke-12). Alfabeta.
Warni, R., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Motif Kain Sarung Batak Toba pada Materi Transformasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 4812–4824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2942
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i1.7806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id