Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Menghubungkan Konsep Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari pada Kurikulum Merdeka di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

Christina Ariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi digital dalam menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa pada Kurikulum Merdeka di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Berdasarkan teori konstruktivisme, realistik matematika, dan teori belajar multimedia, teknologi digital berpotensi mendukung pemahaman konsep abstrak, meningkatkan relevansi pembelajaran, dan mendorong keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan siswa, observasi langsung di kelas, serta analisis dokumen seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil kerja siswa. Analisis dilakukan menggunakan metode tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital, seperti perangkat lunak interaktif, aplikasi geometri dinamis, dan video pembelajaran kontekstual, sangat efektif dalam memvisualisasikan konsep abstrak seperti geometri ruang, peluang, dan grafik fungsi. Teknologi juga meningkatkan motivasi siswa, karena memungkinkan mereka melihat aplikasi nyata dari konsep matematika, seperti dalam desain bangunan dan perhitungan biaya sehari-hari. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, termasuk keterbatasan akses perangkat teknologi, kurangnya literasi digital pada guru, dan kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi digital dapat memperkaya pembelajaran matematika sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, dengan meningkatkan pemahaman konsep dan relevansi pembelajaran. Untuk implementasi yang lebih optimal, disarankan adanya dukungan fasilitas teknologi, pelatihan literasi digital bagi guru, serta pengembangan sumber belajar kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan lokal siswa. Penelitian ini memberikan implikasi penting untuk pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah menengah pertama

Keywords


Teknologi Digital, Konsep Matematika, Kehidupan sehari-hari, Kurikulum Merdeka Belajar

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar CV Syakir Media Press.

Amelia Novitasari, Fadila Ramadhania, Faris Maulana, & Wildan Nur Nadhif. (2023). Inovasi Pembelajaran Mapel Matematika Dalam Kurikulum Merdeka Di MIN Kedungwuni. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 178–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1513

Barimbing, A., Abi, A.R., & Silaban, P.J. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran, 6 (4), 1065-1072. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577

Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Terj. Oleh Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daimah, U. S., & Suparni. (2023). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453

Farennisa, S. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Digital Abad 21 ( Studi Literatur ) Abstrak. 21(October).

Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 285. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840

Mulyana, A. (2010). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Namiri, Z., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Patimah, S., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Makbulloh, D., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2023). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Digital Dalam. 07.

Nasution, E. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhudayah M, Syahrial, E. M. (2024). Perspektif Calon Guru Mengenai Tantangan Pembelajaran Matematika di Era Digital. Guru Kita, 8(2), 243–255. Doi: : https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.5672

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Azizah H.A, A. N., & Widiya, N. (2023). Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum MerdekaDi SDN Kabupaten Purwakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (2), 3097–3110.

Sari, N. H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 459–466.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Syaputra, E., Dewi, D.E.C. (2020). Tradisi Lisan Sebagai Bahan Pengembangan Materi Ajar Pendidikan IPS di SMP: Sebuah Telaah Literatur. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5 (1), 51-62. http://dx.doi.org/10.17977/um022v5i12020p051

Yin, R.K. (2005). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i1.7802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id