DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA TOPIK PROGRAM LINIER

Hosma Refwatul Hasana, Ronal Rifandi, Fridgo Tasman, Elita Zusti Jamaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi program linier. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan siswa pada topik program linier. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes esai soal ulangan harian materi program linier yang memuat empat indikator kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada topik program linier masih tergolong rendah.

Keywords


HOTS, Berpikir Kritis, Program Linier

Full Text:

PDF

References


Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50–64.

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2).

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 2007(1), 1–23.

Fatimah, S. A., & Mardhiyana, D. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIAKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO SMK MUHAMMADIYAH KAJEN TAHUN 2021. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 193–206.

Fitri, A., & Noer, S. H. (2022). Analisis kemampuan penalaran matematis dan self esteem peserta didik pada materi Program Linear. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 13–27.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar kelas VII SMP N 2 Pangkah ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11–20.

Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 23–30.

Karomah, S., & Masduki, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lambertus, L. (2009). Pentingnya melatih keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di SD. Forum Pendidikan, 28(2), 136–142.

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O., Foy, P., Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

Rifandi, R., Rahmi, Y. L., Widya, & Indrawati, E. S. (2020). Pre-service teachers’ perception on science, technology, engineering, and mathematics (stem) education. Journal of Physics: Conference Series, 1554, 012062. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012062

Ulva, E. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 944–952.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.

Widya, Rifandi, R., & Rahmi, Y. L. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: a literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317, 12208. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id