EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID RAYA BANDUNG

Tuhfatul Janan

Abstract


Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang diperoleh melalui budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi etnomatematika pada Masjid Raya Bandung. Metode pada penelitian ini adalah metode eksploratif deskriptif dengan pendekatan etnografi, yaitu mencari informasi secara luas dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis segala unsur yang memuat kebudayaan pada masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu pengumpulan data pustaka yang diperoleh dari studi kepustakaan dan pengumpulan data lapangan yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dilakukan analisis dengan cara reduksi data, yaitu pengolahan data melalui tahap pemilahan, pemusatan, dan penyederhanaan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa bangun bidang pada bangunan dan ornamen dari Masjid Raya Bandung, yaitu persegi panjang, lingkaran, persegi, segitiga, jajargenjang, segilima, layang-layang. Selain itu, juga ditemukan beberapa bangun ruang pada bangunan dan ornamen dari Masjid Raya Bandung, yaitu bola, balok, dan tabung.


Keywords


Etnomatematika, Masjid Raya Bandung, Geometri

Full Text:

PDF

References


Aswati, Z. P. (2018). Transformasi Atap Masjid Raya Bandung. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI).

Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734

Fioiani, A. D. (2019). Pembelajaran 3. Geometri. Modul Pendidikan Profesi Guru Modul 2 Pendalaman Materi Matematika, 2, 63–98.

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 12089.

Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan lembar kerja siswa materi geometri transformasi. Kadikma, 9(3), 148–159.

Lumbantoruan, J. H. (2019). Buku Materi Pembelajaran Geometri 1. Prodi Pendidikan Matematika Universitas Kristen Indonesia.

Mauluah, L. (n.d.). Marsigit.(2019). Ethnomathematics for elementary student: Exploration the learning resources at kraton Yogyakarta. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 776–780.

NoprianiLubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis mathematical problem solving skills of student of the grade VIII-2 junior high school Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.

Nugraheni, A. A. (2017). Sejarah Pembangunan dan Renovasi pada Masjid Agung Bandung. Prosiding Seminar Heritage IPLBI, 251–258.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118–125.

Rofiq, A., Damayanti, R., Tinggi, S., Islam, A., & Probolinggo, M. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada masjid agung kota probolinggo. 1, 1–10.

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147.

Rohayati, S., Karno, W., & Chomariyah, I. (2017). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Di Yogyakarta. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–8.

Satyawati, M., Arifadah, Y., Nu’man, M., & Yulita, K. (2016). Matematika 3.

Son, A. L. (2017). Study ethnomatematics: pengungkapan konsep matematika dan karakter siswa pada permainan kelereng masyarakat suku Dawan. Journal of Medives, 1(2), 100–110.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79–85.

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan teori nolting. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 423–432.

Sunardi, S., & Yudianto, E. (2015). Antisipasi siswa level analisis dalam menyelesaikan masalah geometri.

Sunardi, S., Yudianto, E., Susanto, S., Kurniati, D., Cahyo, R. D., & Subanji, S. (2019). Anxiety of students in visualization, analysis, and informal deduction levels to solve geometry problems. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(4), 171–185.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id