Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Pokok Bahasan Segitiga

Kasmita Saputri, Susi Herawati, Yusri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang digunakan peserta didik dalam proses belajar mengajar belum meningkatkan peserta didik dalam belajar secara aktif dan mandiri. Hal ini dapat terlihat pada saat proses pembelajaran hanya terpusat kepada guru, adapun bahan ajar yag digunakan dalam proses belajar mengajar hanya berupa buku cetak yang disediakan oleh sekolah. Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan aktifitas, motivasi, dan minat belajar peserta didik dalam proses belajar adalah dengan menggunakan LKPD yang dapat membantu peserta didik belajar secara aktif serta mandiri. Adapun tujuan penelitian ialah menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada materi segitiga dengan berbasis project based learning. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi hanya pada tahap 3-D yaitu sampai tahap development atau pengembangan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas dan wawancara. Pada proses validasi, LKPD dilakukan validasi oleh dua orang validator yaitu dosen Pendidikan Matematika, Universitas Bung Hatta dan pada proses praktikalitas LKPD diujicobakan kepada 10 orang peserta didik SMP Jhon’s Febby Islamic School Padang. Pada tahap validasi LKPD berbasis project based learning memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase 84,72% dengan rincian pada aspek didaktik 87,5%, aspek isi 83,93 %, aspek bahasa 79,19%, dan aspek tampilan 87,5 %. Pada tahap praktikalitas, LKPD berbasis project based learning termasuk kriteria praktis denngan rata-rata persentase 76,88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning pada pokok bahasan segitiga memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas VII di tingkat SMP/MTs.

Keywords


LKPD, Project Based Learning, Segitiga

Full Text:

PDF

References


Intan, S., Rita,D., & Niniwati, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta)

Isrok’atun, dan Amelia, Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tentang Standar Isi

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip – Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Sulaeman, M. (2020). Aplikasi Project Based Learning untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. Depok Jawa Barat: Bioma Publishing.

Surani, Endang. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tanila, K. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Tanah Putih (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep Strategi, dan Impelementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.

Winarlis,W., & Hasanuddin, H.(2019).Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 297-304.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id