Efektivtas Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Pantik Pada Materi Statistika Kelas VII

Ade Septa Rosyidah, Indah Widyaningrum, Heln Indrayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model problem based learning menggunakan alat peraga pantik terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas 8 SMP Muhammadiyah Pagar Alam Tahun Pelajaran 2021/2022. Bentuk design observasi ini yaitu pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa SMP Muhammadiyah Pagar Alam. Sedangkan sampel yang dikutip adalah 32 siswa kelas 8.6 (eksperimen) dan 32 siswa kelas 8.5 (kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Untuk memperkirakan hasil observasi diperoleh bahwasanya perhitungan rata-rata siswa yang memakai model PBL mendominasi dibanding perhitungan KKM sekolah yaitu 77 > 65. Berdasarkan uji statistik diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,31 > 1,69, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probem Based Learning menggunakan alat peraga pantik efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagar Alam Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Efektifitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Afifah , E. P., Wahyudi, & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics Education, Science and Technology, 105-106.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasl Belajar MatematiKA SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3.

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistka. Jurnal Pendidikan Matematika, 115-127.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis dan Representasi Matematis. JPPM, 27.

Novari , D. S., Widyaningrum, i., & Widiawati. (2019). Penerapan PBL Melalui Pembuatan Taman Rumput Pada Materi Lingkaran Di Kelas 8. Journal Of Mathematics Scence and Education, 10.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning . Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14(1), 190-220.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika Rafflesia, 126-127.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id