PENGEMBANGAN LKPD BERDIFERENSIASI BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

Nur Damar Wulan, Villia Anggraini, Yulia Haryono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berdiferensiasi berbasis RME pada materi aritmatika sosial kelas pada kelas VII SMP Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 lembang Jaya Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu (R&D) dengan model pengembangan Plomp (Preliminary research, prototyping phase dan assessment phase). Pada penelitian ini hanya sampai tahap prototyping phase (Praktikalitas). Instumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket validitas, dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis data investigasi awal diperoleh analisis kebutuhan tentang rancangan awal LKPD yang akan dikembangkan, dan hasil analisis data tahap pengembangan diperoleh hasil bahwa LKPD yang dikembangkan diperoleh hasil validitas LKPD sebesar 90,3% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir praktikalitas sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis serta hasil wawancara praktikalitas disimpulkan bahwa LKPD valid dan praktis digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berdiferensiasi berbasis RME pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP yang valid dan praktis.


Keywords


Berdiferensiasi, Realistic Mathematics Education (RME), Aritmatika Soosial

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. S., Nova, T., & Yunianta, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. 7(3), 434–443.

Aryanto, U. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1, 32–41.

Chahyanti, V. E., Kamid, K., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Rme Pada Materi Segiempat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2815. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4337

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Melati, R. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Murni Adel, A., & Huryani Rizka, F. (2019). Kevalidan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas Viii Smpn 3 Kota Solok. The0Rems, 4(2), 127–134.

Saadah, I. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel …, 1–71. http://digilib.uinsby.ac.id/27367/1/Ifa Datus Saadah_D94211073.pdf

Sugianto, A. (2021). Kuesioner Gaya Belajar Siswa. Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id, 1–6. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/26041/Angket Gaya Belajar 2021.pdf?sequence=1




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id