ANALISIS BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN GRAF EULER DAN HAMILTON

Rezkiyana Hikmah, Retno Nengsih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada materi Graf Euler dan Hamilton. Instrumen yang digunakan adalah soal essay yang bersifat open ended. Penelitian dilaksanakan pada kelas R3O Program Studi Teknik Informatika di salah satu kampus swasta Jakarta. Sampel penelitian adalah 3 mahasiswa yang masing-masingnya diambil dari berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Pembelajaran ini menggunakan modul yang diberikan kepada mahasiswa satu minggu sebelum pembelajaran dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis jawaban mahasiswa, terlihat bahwa ketiga mahasiswa termasuk mahasiswa yang berpikir kreatif baik dalam memahami materi graf euler dan hamilton. Hasil capaian persentase pada setiap aspek indikator berpikir kreatif yaitu aspek keluasan, elaborasi, kelancaran dan keaslian yang mencapai di atas 50%. Urutan persentase tertinggi pada aspek indikator berpikir kreatif yang diperoleh dari ketiga mahasiswa adalah aspek keluasan (85,41 %), elaborasi (81,25 %), kelancaran (79,19 %) dan keaslian (79,19 %). 

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Pertanyaan Open Ended, Graf Euler, Graf Hamilton.

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. 1(1).

https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580/pdf

Dewi, H. R., Mayasari, T., & Handhika, J. (2019). Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts Through Application of STEM-Based Inquiry. Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 25–30.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/download/5545/2789

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal of Elementary Education, 2(6), 235–239.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3401/1236

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open Ended. Jurnal Kreano, 3(2).

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616

Fitriarosah, N. (2012). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V.

https://repository.unikama.ac.id/840/30/243-250 PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS UNTUK SISWA SMP.pdf

KBBI. (2022). https://kbbi.web.id/k




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i1.5122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id