EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ramadhani Fitri, Yunisa Fadhilah Hartati, Sri Yunita Ningsih, Helma Mustika, Puji Astuti, Nina Kurniati Sari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Nurul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dengan menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berbantuan aplikasi GeoGebra dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Nurul Falah. Jenis penelitian ini ialah Quasi eksperimen, dengan design The Randomized Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII. Sampel dipilih menggunakan teknik  simple random sampling berdasarkan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata. Dari hasil tes awal dengan teknik Simple Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t diperoleh thitung > ttabel (6,668 > 1,998) dan Sig. < 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 dengan (df) n-2 maka keputusan yang diambil adalah H1 diterima H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa "Model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berbantuan aplikasi GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Nurul Falah”.


Keywords


SAVI, GeoGebra, Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Isrok’atun dan Amelia Rosmala. (2018), Model-Model Pembelajaran Matematika, (Jakarta: Bumi Aksara).

Lestari, Karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Adimata.

Mawaddah, Siti dan Hana Anisah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP, Jurnal MathEdu, Vol 3,(2), 2015

Mimbadri, Yuris, dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah”, Vol 2.2019

Safitri, Qurnia. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra di SMP Negeri 23 Bandar Lampung” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Siregar, Hotmaida Lutfi, dkk. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa, Jurnal MathEdu. 3, (3), 2020.

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i2.4977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id