PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Erna Isfayani, Muliana Muliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL dan RME siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Negeri 1 Dewantara, sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini siswa kelas VIIA sebagai kelas Eksperimen I dan VIIB sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa masing-masing 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang ada pada penelitian ini adalah angket kemandirian belajar siswa yang mana diberikan setelah diberi perlakuan. Analisis data yang dilakukan untuk tes angket kemandirian belajar siswa adalah uji normalitas, homogenitas, dan juga uji hipotesis menggunakan SPSS 22. Melalui uji normalitas kedua kelas VIIA (eksperimen I) memiliki nilai signifikan yaitu 0,184 dan nilai signifikan kelas VIIB (eksperimen II) yaitu 0,072. Sehingga data test angket kemandirian belajar siswa berdistribusi normal. nilai signifikan uji homogenitas yaitu 0,295. Dari hasil uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa tes kemandirian belajar siswa homogen. Berdasarkan uji coba dilapangan kelas eksperimen I dan eksperimen II dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t adalah signifikan sebesar 0,000 < 0,05. maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data yang ada dapat diartikan bahwa adanya perbedaan signifikan pada kemandirian belajar siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL. jika dilihat dari hasil Postest berupa angket kemandirian belajar siswa menggunakan Model pembelajaran PBL memiliki nilai 46,4%, sedangkan yang menggunakan Pendekatan pembelajaran RME memiliki nilai 94,6%.

Keywords


Kemandirian belajar siswa, PBL, RME.

Full Text:

PDF

References


Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78. doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149-160. doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Septiana, F., Mujib, & Negara, H. S. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau dari Multiple Intelligences. Desimal:Jurnal Matematika, 1(1), 23-28. doi:http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth, 2(2), 368-388. doi:http://Jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/1227

Ulfiani, Hadjar, I., & Murdiana, I. N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(3), 278-290. doi:https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/543




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i2.3498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id