Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dipadu Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Kemampuan pemecahan masalahsiswa kelas VIII MTsN Kota Padang

Resti Komala Sari

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual yang dipadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan matematis siswa kelas VIII MTsN di Kota Padang. Penelitian ini dilatar belakang karena peneliti mendapat data yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah berdasarkan uji lapangan.Kemampuan pemecahan masalah sangat penting karenamerupakan kemampuan utama dalam pelajaran matematika. Pada penelitian ini dipilih pembelajaran kontekstual yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI karena pembelajaran ini memuat konten yang dapat membuat siswa aktif dan mengalami pembelajaran bermakna berdasarkan konten dan karakteristik penerapannya. Sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang akan diberikan perlakuan yaitu pembelajaran konstektual dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team assisted individualization) dan kelompok kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik yang akan digunakan dalam menganalisis data untuk menguji hipotesis adalah analisis variansi. Sebelum melakukan analisis data, terlebih dahulu perlu dilakukan uji normalitas data dan homogenitas variansi.Dari hasil penelitian dan data hasil analisis, rata-rata kemampuanpemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol baik untuk siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang maupun rendah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i1.2306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id