PEMBINAAN IN HOUSE TRAINING GURU MATEMATIKA SMA KOTA BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENYUSUNAN BUTIR SOAL
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan supervisi yang penulis lakukan terhadap guru matematika SMA di Kota Bengkulu, ditemukan bahwa Kompetensi Guru dalam menyusun soal ujian semester masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pembinaan in house training upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun butir soal. Pembinaan in house training ini dilaksanakan dengan metode pembinaan pada sekolah masing-masing, yaitu ditempat guru melakukan program pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 42 orang guru matematika SMA di Kota Bengkulu yang merupakan guru binaan peneliti. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembaran obeservasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan in house training dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun butir soal. Hal ini dilihat dari kemampuan guru dalam penyusunan butir soal mengalami perbaikan, yang dilihat dari segi kelengkapan penyusunan butir soal berupa kisi-kisi butir soal, soal tes, kunci jawaban soal dan analisis butir soal. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata kelengkapan penyusunan butir soal yang dibuat oleh guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus satu rata-rata persentase 53,2 % (kurang) dan pada siklus dua 82,5 % (baik).
Kata Kunci : In House Training, Guru, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Alfaris, Sujoko, 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penambur-No.18 tahun ke-11/Juni.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. 2008. Panduan Penyelengaraan Program instisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
K.Dharmawan. 2016. Model Pembinaan ‘In-House Training’ Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Udayana Mengabdi, Vol. 15 No. 2
Nawawi, H. 1983. Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan. Penerbit: Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim, M. 2012. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saroni, M. 2011. Personal Branding Guru. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v1i1.1357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Equation
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id