PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR LINIER MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan jumlah 27orang mahasiswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dengan fase sebagai berikut (1) menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (2) mendemonstrasika materi; (3) memberi kesempatan mahasiswa untuk menjelaskan ke mahasiswa lainnya; (4) menyimpulkan pendapat dari mahasiswa; (5) menerangkan kembali semua materi yang disajikan. Berdasarkan penelitian ini diperolekan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 57,59 ke siklus II sebesar 77,22 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 59,25 % ke siklus II sebesar 85,18 % .
Kata Kunci : Student Facilitator And Explaining (SFAE), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Duffin, J.M.& Simpson, A.P. 2000. A Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior. 18(4): 415-427.
Effendi Zakaria, DKK. 2007. Trend Pengajaran dan pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publications dan Distributors SDN BHD.
Ghazali, Nor Hasnida Che dan Effandi Zakaria. 2011. “Students Procedural and Conceptual Understanding of Mathematics”. SPRING: Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(7): 684-691
W. Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v1i1.1354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Equation
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id