MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA S1 PGMI DENGAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI PADA MATAKULIAHMETODOLOGI PENELITIAN DI IAIN KOTA BENGKULU

Dian Oktari, Saleh Haji

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran investigasi, untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematika mahasiswa S1 Prodi PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Bengkulu melalui pembelajaran investigasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi PGMI Institut  Agama Islam Negeri (IAIN) kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran investigasi. Hasil penelitian dengan  meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan  melalui pembelajaran   investigasi adalah 53,13% pada katagori rendah yang merupakan rata-rata skor hasil keseluruhan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara lisan pada siklus I dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis secara tertulis masih tergolong rendah dengan rata-rata persentasi sebesar 37,50 pada siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase keseluruhan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara lisan mencapai 95,83% yakni berada pada kategori tinggi dan terjadi peningkatan persentase keseluruhan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara terulis mencapai 87,50% yakni berada pada katagori tinggi.

 

Kata kunci:  Kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran investigasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Haji, Saleh. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematik Realistik. Bengkulu. UNIB Bengkulu.www. Repository.unib.ac.id

NCTM. (2000.) Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author Shadiq, F. (2000). Investigasi dalam Kegiatan Mengajar Matematika. Jurnal Gentengkali, Edisi 5 Tahun III, p. 35 – 37

NCTM. (2000.) Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author Shadiq, F. (2000). Investigasi dalam Kegiatan Mengajar Matematika. Jurnal Gentengkali, Edisi 5 Tahun III, p. 35 – 37

Setiawan, (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta : P3G Matematika

Shadiq, Fajar. 2004. “Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi.” Makalah disajikan pada Diklas Instruktur/ Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar, pada 6-19 Agustus, Yogyakarta. Diakses pada 18 April 2015 pukul 20.22 WIB, (http://p4tkmatematika.org/downloads/sma/pemecahanmasalah.pdf)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v1i1.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Equation



Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id