Pemanfaatan Gim Edukasi Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Teks Iklan, Slogan, dan Poster di SMP Muhammadiyah 15 Wonoharjo
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809–815. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2180
Harmini, T., Reza Pradhana, F., Nur Suryanita, D., & Warniasih, K. (2024). Implementasi Game Edukasi 3D Pada Materi Aljabar Melalui Pendekatan Game Development Life Cycle (Gdlc). Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.38114/rksfhj44
Hasriyani, Anggo, & Salam. (2022). Analisis Hambatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. 10(3), 351–364.
Ikhwan, A., Toar, M. J., Barus, A. B., Hafidz, S. H., & Ritonga, S. H. (2023). Media Pembelajaran Pengenalan Nama Buah Menggunakan Macromedia Flash 8 Di TK Ulul Ilmi Kecamatan Sidamanik Kota Pematang Siantar. Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 3(1), 53–56. https://doi.org/10.47233/jsit.v3i1.485
Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran : Pelatihan Interaktif Dalam. Communnity Development Journal, 4(6), 13121–13129.
Juningtias, K. R., Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Zubair, M. (2024). Upaya Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal “Nggahi Rawi Pahu” Untuk Membentuk Karakter Jujur Peserta Didik di SMP Negeri 1 Dompu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 52–60. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1243
Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657
Limbong, T., & Tarigan, P. (2023). Media Pembelajaran Rumah Adat Batak Toba “Jabu Bolon” Berbasis Multimedia dengan menggunakan Macromedia Flash. JUKI: Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(1), 176–184.
Mardikawati, B., Noto Diharjo, N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 4(6), 11453–11462.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911
Nandari, R. (2024). Pengembangan media monopoli iklan ( dinolan ) untuk pembelajaran bahasa indonesia tingkat smp Development of advertising monopoly media ( dinolan ) for learning indonesian language at the junior high school level. 2(September), 1329–1334.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.
Nur Syabillahtul Jannah, Hari Antoni Musri, & Edgusnaldi Edgusnaldi. (2024). Analisis Peran Animasi Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash dalam Media Pembelajaran TIK di Kelas 11 SMA 1 Sungai Pua. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 119–126. https://doi.org/10.55606/juitik.v4i1.749
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Prasetya, R., Wahyuni, F. S., & Rudhistiar, D. (2024). Implementasi Game Tebak Gambar Binatang Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 4(1), 23–36. https://doi.org/10.31599/jucosco.v4i1.3600
Pratiwi, D. I., Amumpuni, R. S., Fikria, A., & Budiastuti, R. E. (2023). Enhancing Students’ Learning Outcomes through MALL in TOEFL Preparation Class for Railway Mechanical Technology. International Journal of Language Education, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i2.22839
Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan Guru Dan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa Sma Semesta Semarang. Jurnal EMPATI, 7(3), 867–880. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21740
Putri, E. N., Etika Rahmawati, L., Sufanti, M., & Mansoor, H. S. (2023). Educational game based on macromedia flash in Indonesian language learning in junior high school. Bahastra, 43(2), 234–253. https://doi.org/10.26555/bs.v43i2.521
Santoso, K. (2020). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020 P-ISSN: 2087-0678X. Pendidikan Islam, 5(2), 17–23.
Sio Khalik, A., Basri, S., & Ansar. (2022). Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran di SD Negeri 1 Utilization of Facilities and Infrastructure in Learning at State Elementary School 1 Nggulanggula Siompu District South Buton Regency. Pinisi Journal of Health & Sport Science, 1–9.
Suci Hanifah Nahampun, Prissy Patrisia Gurning, Rahmad Nexandika, Yusnia Aya Astuti Zalukhu, & Michelle Evelyne Sianturi. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 63–68. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2415
Susanti, E., & Nurhamidah, D. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 103. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.4650
Suvita, Y., Manullang, T. I. B., Sunardi, S., & Supriatna, M. (2022). Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.601
Umiyati, E., & Anhar, A. S. (2024). Journal of Instructional and Development Researches Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIDeR, 4(4), 297–305.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.6834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Adellia Putri Wulandari, Dini Restiyanti Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)