Pemanfaatan Gim Edukasi Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Teks Iklan, Slogan, dan Poster di SMP Muhammadiyah 15 Wonoharjo

Adellia Putri Wulandari, Dini Restiyanti Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi gim edukasi dan mengidentifikasi faktor penunjang serta penghambat dalam pemanfaatan gim edukasi berbasis Macromedia Flash untuk pembelajaran teks iklan, slogan, dan poster di SMP Muhammadiyah 15 Wonoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, yaitu membandingkan informasi dari guru dan peserta didik, serta triangulasi teknik, yaitu memadukan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gim edukasi mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Faktor penunjang utama meliputi antusiasme siswa yang tinggi, sarana dan prasarana yang memadai, daya tarik visual, serta dukungan guru Bahasa Indonesia. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, rendahnya frekuensi penggunaan komputer, ketiadaan Wi-Fi, ketiadaan staf khusus IT, dan kurangnya kebijakan pendukung dari sekolah. Pengelolaan waktu, peningkatan infrastruktur sekolah, termasuk penambahan perangkat dan koneksi internet yang memadai, serta staff untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran berbasis teknologi dan membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai optimalisasi media pembelajaran dalam berbagai kondisi sekolah.

References


Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809–815. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2180

Harmini, T., Reza Pradhana, F., Nur Suryanita, D., & Warniasih, K. (2024). Implementasi Game Edukasi 3D Pada Materi Aljabar Melalui Pendekatan Game Development Life Cycle (Gdlc). Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.38114/rksfhj44

Hasriyani, Anggo, & Salam. (2022). Analisis Hambatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. 10(3), 351–364.

Ikhwan, A., Toar, M. J., Barus, A. B., Hafidz, S. H., & Ritonga, S. H. (2023). Media Pembelajaran Pengenalan Nama Buah Menggunakan Macromedia Flash 8 Di TK Ulul Ilmi Kecamatan Sidamanik Kota Pematang Siantar. Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 3(1), 53–56. https://doi.org/10.47233/jsit.v3i1.485

Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran : Pelatihan Interaktif Dalam. Communnity Development Journal, 4(6), 13121–13129.

Juningtias, K. R., Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Zubair, M. (2024). Upaya Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal “Nggahi Rawi Pahu” Untuk Membentuk Karakter Jujur Peserta Didik di SMP Negeri 1 Dompu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 52–60. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1243

Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657

Limbong, T., & Tarigan, P. (2023). Media Pembelajaran Rumah Adat Batak Toba “Jabu Bolon” Berbasis Multimedia dengan menggunakan Macromedia Flash. JUKI: Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(1), 176–184.

Mardikawati, B., Noto Diharjo, N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 4(6), 11453–11462.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911

Nandari, R. (2024). Pengembangan media monopoli iklan ( dinolan ) untuk pembelajaran bahasa indonesia tingkat smp Development of advertising monopoly media ( dinolan ) for learning indonesian language at the junior high school level. 2(September), 1329–1334.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.

Nur Syabillahtul Jannah, Hari Antoni Musri, & Edgusnaldi Edgusnaldi. (2024). Analisis Peran Animasi Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash dalam Media Pembelajaran TIK di Kelas 11 SMA 1 Sungai Pua. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 119–126. https://doi.org/10.55606/juitik.v4i1.749

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Prasetya, R., Wahyuni, F. S., & Rudhistiar, D. (2024). Implementasi Game Tebak Gambar Binatang Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 4(1), 23–36. https://doi.org/10.31599/jucosco.v4i1.3600

Pratiwi, D. I., Amumpuni, R. S., Fikria, A., & Budiastuti, R. E. (2023). Enhancing Students’ Learning Outcomes through MALL in TOEFL Preparation Class for Railway Mechanical Technology. International Journal of Language Education, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i2.22839

Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan Guru Dan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa Sma Semesta Semarang. Jurnal EMPATI, 7(3), 867–880. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21740

Putri, E. N., Etika Rahmawati, L., Sufanti, M., & Mansoor, H. S. (2023). Educational game based on macromedia flash in Indonesian language learning in junior high school. Bahastra, 43(2), 234–253. https://doi.org/10.26555/bs.v43i2.521

Santoso, K. (2020). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020 P-ISSN: 2087-0678X. Pendidikan Islam, 5(2), 17–23.

Sio Khalik, A., Basri, S., & Ansar. (2022). Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran di SD Negeri 1 Utilization of Facilities and Infrastructure in Learning at State Elementary School 1 Nggulanggula Siompu District South Buton Regency. Pinisi Journal of Health & Sport Science, 1–9.

Suci Hanifah Nahampun, Prissy Patrisia Gurning, Rahmad Nexandika, Yusnia Aya Astuti Zalukhu, & Michelle Evelyne Sianturi. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 63–68. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2415

Susanti, E., & Nurhamidah, D. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 103. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.4650

Suvita, Y., Manullang, T. I. B., Sunardi, S., & Supriatna, M. (2022). Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.601

Umiyati, E., & Anhar, A. S. (2024). Journal of Instructional and Development Researches Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIDeR, 4(4), 297–305.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.6834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Adellia Putri Wulandari, Dini Restiyanti Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)