Menyelami Transformasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia: Dari Era Klasik hingga Era Digital

Adhara Jasid, Syihabuddin Syihabuddin, Vismaia S Damaianti, Febrian Virijai, Ridwan Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi media pembelajaran Bahasa Indonesia dari era klasik hingga era digital, serta pengaruh perubahan ini terhadap pengembangan pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan kajian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library study). Peneliti melakukan pencarian dan pengumpulan data dari berbagai sumber tertulis yang berkaitan dengan media pembelajaran dan filosofi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi media pembelajaran berperan penting dalam memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan efektivitas, dan menciptakan pembelajaran yang lebih adaptif dan interaktif. Penggunaan media digital seperti KBBI Daring, E-Puisi, serta aplikasi berbasis gamifikasi seperti Quizizz terbukti meningkatkan pemahaman kosakata dan tata bahasa. Selain itu, teknologi AR memungkinkan visualisasi interaktif karya sastra yang memperdalam pemahaman siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan media pembelajaran yang selaras dengan kemajuan teknologi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dan menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan relevan dengan tuntutan zaman.

Keywords


filosofi pendidikan, media pembelajaran, bahasa Indonesia, teknologi digital.

References


Abdullah, D. S., Hadi, R. N., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–101. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933

Adegbijaa, M. V., & Fakomogbon, M. A. (2012). Instructional Media in Teacing and Learning: A Nigerian Perspective. Global Media Journal, 6(2), 216–230.

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Alami, E., & Rahayu, S. (2024). Pelestarian Pariwisata Laut Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Teks Deskriptif untuk Siswa Kelas VII SMP di Sampang Madura. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 162–172.

An, Y. (2019). A History of Instructional Media, Instructional Design, and Theories. International Journal of Technology in Education, 4(1), 1–21.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Çeken, B., & Taşkın, N. (2022). Multimedia learning principles in different learning environments: a systematic review. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00200-2

Dewey, J. (1916). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. Macmillan.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358

Gebremariam, H. T., Dea, P., & Gonta, M. (2024). Digital socialization: Insights into interpersonal communication motives for socialization in social networks among undergraduate students. Heliyon, 10(20), e39507. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39507

Haptanti, F. S., Hikmah, M., & Basuki, I. A. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972–980. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p972-980

Hutabarat, E. J., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Memahami Peran Pendidikan di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey. Kolaboratif Sains, 6(11), 1572–1578. https://doi.org/10.56338/jks.v6i11.4403

Laurillard, D. (2012). Teaching as a Design Science: Building Pedagogical Patterns for Learning and Technology. Routledge.

Liu, D., Carter, L., & Lin, J. (2024). Towards Connectivism: Exploring Student Use of Online Learning Management Systems During the COVID-19 Pandemic. Online Learning Journal, 28(2). https://doi.org/10.24059/olj.v28i2.4047

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek, 1(12), 41–50. https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1311

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46

Muksa, V. R., Citraningrum, D. M., Susetyo, A. M., & Anggraeni, A. W. (2024). Pemanfaatan Google Clasroom sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2).

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Pattison, S. (2021). Designing effective learning with digital technologies: A look at the Conversational Framework. LinkedIn.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Plato. (2003). The Republic (Trans. B. Jowett). Dover Publications.

Putra, Y. S., Purnomo, M. E., & Mukmin, S. (2022). Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 198. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i2.6416

Selwyn, N. (2016). Education and Technology: Key Issues and Debates. Bloomsbury Publishing.

Siemens, G. (2005). Connectivism: A learning theory for the digital age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3–10.

Sudarmo, S., Arifin, A., Jacob Pattiasina, P., Wirawan, V., & Aslan, A. (2021). The Future of Instruction Media in Indonesian Education: Systematic Review. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1302–1311. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.542

Sukardi. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahab, A., Sari, A. R., Zuana, M. M. M., Luturmas, Y., & Kuncoro, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4644–4653.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i2.6520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Adhara Jasid, Syihabuddin Syihabuddin, Febrian Virijai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)