Kesalahan Morfologi Bahasa Indonesia pada Artikel Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Rahmad Nuthihar, Andoyo Sastromiharjo, Laksmita Nur Afiati, Nita Anjung Munggaran, Rani Noeraeni

Abstract


Artikel ini membahas kesalahan berbahasa Indonesia ditinjau berdasarkan tataran morfologi bahasa Indonesia. Penelitian didasari atas masih ditemukan kesalahan morfologi bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah mahasiswa. Padahal, jurnal ilmiah merupakan karya ilmiah yang penggunaan bahasa Indonesia harus dilakukan secara tepat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data yang disajikan berupa deskripsi kesalahan berbahasa dan perbaikannya. Sumber data penelitian ini adalah data kesalahan berbahasa yang terdapat pada empat artikel jurnal ilmiah mahasiswa yang diterbitkan pada Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) BBG dan JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesalahan morfologi disebabkan oleh kesalahan bentuk dasar, kesalahan afiksasi, dan kesalahan reduplikasi. Kesalahan bentuk dasar disebabkan oleh tidak sesuainya penulisan bentuk dasar sebagaimana terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kesalahan afiksasi terdiri atas, kesalahan prefiks, kesalahan penulisan unsur terikat, kesalahan gabungan kata berupa awalan + akhiran. Sementara itu, bentuk kesalahan reduplikasi disebabkan oleh penggunaan kata hubung yang tidak tepat. Kesalahan morfologi disebabkan oleh kompetensi penulis terhadap aturan morfologi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi dilakukan dengan model berbasis proyek atau studi kasus agar kesalahan morfologi bahasa Indonesia tidak terjadi lagi.

Keywords


bahasa Indonesia, jurnal ilmiah, keterampilan berbahasa, kesalahan morfologi

Full Text:

PDF

References


Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 146. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1866

Aiman, U., Marzatilla, Rianti, N., & Wati, M. (2023). Hubungan Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Keadaan Psikologi Ibu Menopause Di Desa Lueng Batakecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Alber, Febria, R., & Fatmalia, R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Tajuk Rencana Surat Kabar Kompas. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 6(1), 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/322502322.pdf

Arman, L., & Fauzi, M. (2023). Pemenuhan Unsur-Unsur PUEBI dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Majalah Ilmiah Tabuah: Ta`limat, Budaya, Agama Dan Humaniora, 27(1), 24–31. https://rjfahuinib.org/index.php/tabuah/article/view/807

Asra, A. A., & Ningrum, A. A. L. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Video Presentasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 39–49. https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i1.6

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) Edisi V. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://ejaan.kemdikbud.go.id

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kemdikbudristek. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Rineka Cipta.

Evi Martika D. Kasiahe, Edino A. Lomban, & Fabyana I. Tamboto. (2023). Analisis Kebutuhan dalam Rekonstruksi RPS Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Universitas Katolik De La Salle Manado. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 1(4 SE-Articles), 1–13. https://doi.org/10.59841/blaze.v1i4.534

Fernando, M., Basuki, R., & Suryadi, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VII, SMPN 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.8592

Hamid, L. O. M. I., Anwar, M., & Hakim, M. K. bin A. (2024). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Pemasaran Produk di Market Place Facebook. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(6), 638–645. https://doi.org/10.62504/jimr668

Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1 SE-Articles), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618

Hidayah, L., Fajriani, K., Junistira, D. D., & Sinar. (2024). Tingkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pendekatan Inovatif: Implementasi Kegiatan Meronce dengan Loose Parts dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1), 234–242.

Indihadi, D. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa. Dual Modes Pembinaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua, 23.

Mandia, I. N. (2016). Penelusuran Bentuk Baku Kata Bahasa Indonesia. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1), 21–32.

Maria, J., Indrayani, L., Lubis, J., & Hayyumi, R. (2024). Pertanggungjawaban Pidana Bagi Penyedia Jasa Pembangunan Yang Melakukan Korupsi di Kabupaten Aceh Tamiang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1), 198–212.

Mashud, M., & Suyuti, M. W. (2024). Penggunaan Afiksasi dalam Artikel Berita Media Daring Kompas.Id. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3 SE-Articles), 10. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2570

Mulyana, A. T. (2019). Model Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Berbasis Paradigma Pembelajaran Abad Ke-21 pada Aspek Career and Life Skills (CLS). Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 2(2 SE-Articles), 43–54. https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i2.42

Mustakim. (2019). Bentuk dan Pilihan Kata: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Nababan, Y., Chamhadani, S. E., Prayogi, C., Nurrahmah, A. R., Armelia, J., & Anggraeni, N. D. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD Edisi V) dalam Penulisan Laporan Praktikum Prosman Menggunakan SPSS. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3 SE-Articles), 12. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2526

Nisa, A. K. A., Putri, N. A., Baehaqie, I., & Rustono. (2023). Kesalahan Afiksasi dalam Caption Instagram @Infojember Edisi Oktober 2022. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 223–234. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.576

Novera, I. A. (2004). Indonesian Postgraduate Students studying in Australia: An Examination of their Academic, Social and Cultural Experiences. International Education Journal, 5(4), 475–487. http://iej.cjb.net

Nuthihar, R. (2018). Hal-hal yang Baru dalam PUEBI. In I. Syahdi (Ed.), Dari Pantun Sampai Literasi: Kumpulan Kolom Bahasa dan Sastra (pp. 296–299). Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. http://repositori.kemdikbud.go.id/15292/

Pertiwi, R. A., & Assidik, G. K. (2024). Kesalahan Morfologi Siswa di Sekolah Menengah Pertama dan Pemanfaatannya Sebagai Modul Ajar Bahasa Indonesia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 85–98. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.909

Prameswari, J. Y., & Susanti, D. I. (2020). Analisis Kesalahan Morfologi pada Unggahan Instagram @raffinagita1717. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(2), 27–35. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.15357

Rahminsyah. (2023). Analisis Faktor Pendidikan dan Pengetahuan terhadap anemia pada ibu hamil di Praktik Mandiri Bidan (PMB) Santi Yosina Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Resitanti, A. P. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Cerita Fabel oleh Siswa Kelas VII E di SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 126–140. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS

Sari, W. S. (2019). Pembentukan dan Perubahan Kata Pada Awalan Meng- dan Peng-. BPMP Provinsi Lampung. https://bpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/pembentukan-dan-perubahan-kata-pada-awalan-meng-dan-peng

Setyawati, N. (2024). Proses Mofofenemik Prefiks {Meng-} Dalam Pemberitaan Seputar Kenaikan Ukt Di Jawapos.Com. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 79–89. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.820

Simorangkir, S. B. T., Wahyuni, R. S., Gusar, M. R. S., Rahmawati, Y., Setyorini, R., Hetilaniar, Hilaliyah, H., Hasanudin, C., Utomo, W. T., Romadani, A. T. F., & Cahyawati, R. S. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa. Widina Bhakti Persada.

Sulistyaningrum, S., & Astuti, E. (2020). Aspects of Language Error at Morphological Level in Students’ Descriptive Texts. Proceedings of the Third International Seminar on Recent Language, Literature, and Local Culture Studies. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2019.2296725

Susanti, D. (2011). Privatisation and marketisation of higher education in Indonesia: the challenge for equal access and academic values. Higher Education, 61(2), 209–218. https://doi.org/10.1007/s10734-010-9333-7

Syafi’i, B. A., Niha, I. K., & Nisaa’, S. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi dalam Penulisan Makalah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1), 14–29. https://doi.org/10.23917/humaniora.v22i1.8153

Syifa, H. M., Layaly, F., Maharani, A. N., Hasanah, S. F., & Fitriyah, M. (2024). Penulisan Kata pada Cerita Pendek Karya Siswa SMK Kelas XI. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 13(1), 38. https://doi.org/10.35194/alinea.v13i1.3475

Syofian, A. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(1), 53–60. https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/42/39

Tarbiyah, J. (2017). Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 6(2), 41–51.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Angkasa.

Tarwiyati, P. A., & Sabardila, A. (2022). Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 125. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i2.4765

Wahidah, B. Y. K. (2019). Komparasi Berbagai Definisi Mengenai Frasa dan Kata Majemuk dalam Media Sosial Google Berdasarkan Kajian Sintaksis. JUPE:Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 178–182. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/831/784

Wulandari, A., Gasanti, R., & Wiarsih, A. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Menulis Karangan Deskripsi. Prosiding Serimbi, 1(2 SE-Articles), 28–38. https://serimbi.pbsiyasika.com/index.php/serimbi/article/view/16




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.5797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rahmad Nuthihar, Andoyo Sastromiharjo, Laksmita Nur Afiati, Nita Anjung Munggaran, Rani Noeraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)