Bentuk Interaksi Sosial Tokoh Utama dalam Novel Elegi Tawa Niyusa Karya Lin Aiko: Kajian Sosiologi Sastra

Arif Maulana Sembiring, Nurhayati Harahap, Amhar Kudadiri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk interaksi sosial tokoh utama dalam novel Elegi Tawa Niyusa karya Lin Aiko: kajian Sosiologi Sastra berdasarkan teori dari Gillin dan Gillin. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kutipan teks percakapan langsung dan percakapan tidak langsung berbentuk kalimat maupun paragraf. Data-data yang telah diidentifikasi melalui teknik baca heuristik dan hermeneutic akan dikelompokkan menggunakan teknik pengorganisasian data. Kemudian, data yang telah dikelompokkan sesuai dengan kategori objek penelitian akan dideskripsikan dan disimpulkan. Hasil dari temuan ini menunjukan bahwa tokoh utama dalam novel Elegi Tawa Niyusa karya Lin Aiko memiliki 13 bentuk interaksi sosial. Dapat disimpulkan bahwa Yusa dan Taka sebagai tokoh utama dalam novel Elegi Tawa Niyusa karya Lin Aiko menunjukan tingkat interaksi sosial yang tinggi. Hal tersebut disimpulkan karena tokoh utama dalam novel Elegi Tawa Niyusa karya Lin Aiko memiliki seluruh bentuk interaksi sosial sesuai berdasarkan teori dari Gillin dan Gillin. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pembaca mengenai berperilaku baik dalam bersosialisasi dan mengetahui dampak positif dan negatif dari setiap perbuatannya.

Keywords


bentuk interaksi sosial, novel, elegi tawa niyusa, dan sosiologi sastra

Full Text:

PDF

References


Ansori, Yoyo Zakaria. (2019). Islam dan Pendidikan Mutikultural. Cakrawala Pendas. Vol. 5. Hal. 112. https://www.neliti.com/publications/457634/islam-dan-pendidikan-multikultural.

Darbania, Debie, dkk. (2023). Anaslisis Unsur Ekstrinsik Dalam Novel Elegi Tawa Niyusa Karya Lin Aiko. Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa. Vol. 1. No. 2. https://pbsi-upr.id/index.php/Bhinneka/article/view/401.

Emzir, dan Saifur Rohman. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. RajaGrafindo Persada.

Esten, Mursal. (2013). Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa Bandung.

Kamil, Fathiyyah Salsabila Az-Zahra dan Mohammad Ali. (2022). Interaksi Sosial Honami Penderita Sindrom Ovarium Polikistik dalam novel Seibo. Mahadaya. Vol. 2. Hal. 115. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/mahadaya/article/view/7068/3051.

Khoiriyah, Miladul. (2023). Bentuk Interaksi Sosial Mantan Anak Jalanan dalam Menjalani Masa Binaan di Pondok Tasawuf Underground Tanggerang Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mardhiah, Ainun, dkk. (2020). Analisis Tokoh dan Penokohan Dalam Novel Keajaiban Adam Karya Gusti M Fabiano. Jurnal Samudera Bahasa. Vol. 3. Hal. 37. https://core.ac.uk/download/pdf/327252142.pdf.

Narwoko, J Dwi dan Bagong Suyanto. (2014). Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, edisi keempat.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.

Nurhapidah, Anisa Amalia, dan Teti Sobari. (2019). Kajian Sosiologi Sastra Novel Kembali Karya Sofia Mafaza. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 2. Hal. 529-530. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2879.

Rismawati. (2017). Perkembangan Sejarag Sastra Indonesia. Darussalam: Bina Karya Akademika.

Saadah, Ulviyah Lailatul, dan Rian Damariswara. (2022). Aspek Sosial dalam Novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4. Halaman 43.

Septiani, R. Anisya Dwi, dkk. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Perseda. Vol. 5. Hal. 132. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/download/1708/943/5237.

Slamet, Yosep Bambang Margono. (2018). Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa. Jurnal PRAXIS. Vol. 1. Halaman 35.

Soekanto, Soerjono. (Ed). (2003). Sosiologi Suatu Pengantar (Edisi baru). RajaGrafinfo Persada.

Soekanto, Soerjono. (Ed). (2015). Sosiologi Suatu Pengantar (Edisi revisi). RajaGrafindo Persada.

Subadi, Tjipto. (2009). Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan: Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=LzdvRicAAAAJ&citation_for_view=LzdvRicAAAAJ:Tyk-4Ss8FVUC.

Walgito, B. (2014). Psikologi Suatu Pegantar. Yogyakarta: Andi offet.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.5373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arif Maulana Sembiring

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)