Pemerolehan Bahasa Anak Usia 32 Bulan Berdasarkan Teori Mean Length of Utterance dalam Aspek Fonologi

Rizka Nur Rohimah, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemerolehan bahasa pada anak usia 32 bulan berdasarkan teori Mean Length of Utterance dalam aspek fonologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjeknya adalah anak perempuan usia 32 bulan bernama Jennaira Binar Ageng. Objeknya yaitu pemerolehan bahasa dari setiap tuturan yang diucapkan subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus rata-rata panjang ujaran berdasarkan teori Brown dan aspek fonologi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa rata-rata panjang ujaran Binar adalah 1,55 yaitu berada di tahap II. Artinya, pemerolehan bahasa Binar tiga kali lebih rendah daripada anak seusianya. Berdasarkan hasil analisis pemerolehan bahasa Binar dalam aspek fonologi, disimpulkan bahwa Binar mampu mengucapkan fonem vokal seluruhnya di posisi mana pun dengan jelas. Terdapat beberapa fonem konsonan yang masih sukar atau tidak diucapkan oleh Binar. Terdapat juga perubahan fonem, perubahan fonem secara keseluruhan, penambahan fonem, penghilangan fonem, dan penghilangan suku kata.

Keywords


fonologi, mean length of utterance, pemerolehan bahasa anak

References


Ahmadi, W., Azizah, S. A., & Yenling, Y. (2024). Kajian Psikolinguistik : Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(2), 93–101.

Aisah, & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 9 Bulan Berdasarkan Teori Mean Length Of Utterance Dalam Aspek Fonologi. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 58–66.

Alatas, M. A., Rachmayanti, I., Azza’im, A. T., & Atiqoh, R. N. (2024). Analisis Pemahaman Semantik Berbagai Kelas Kata pada Anak Usia 2 Tahun Masa Sensorik-Motorik. Ganesha: Journal of Applied Linguistics, 1(1), 63–74.

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43–54.

Aprilia, M. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun: Aspek Fonologis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 186–197.

Astuti, D., & Setiawan, H. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa Berdasarkan MLU pada Anak Usia 1 Tahun 10 Bulan dalam Aspek Sintaksis dan Fonologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 880–885.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96.

Bawamenewi, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 145–154.

Dardjowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fajarrini, A., & Diana, R. R. (2024). Peran Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–16.

Helty, H., Izar, J., Afria, R., & Afifah, I. H. (2021). Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada anak laki-Laki Dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 84–93.

Jamal, H. S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2,8 Tahun berdasarkan Mean Length Of Utterance dalam Aspek Fonologi Morfologi dan Sintaksis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3816–3827.

Juliana, A., Nasution, F., Juli, N. P., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Rayyanza Malik Ahmad Usia 1 Tahun. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(3), 38–48.

Lee, N. T., & Kutty, M. F. (2022). Meningkatkan Kemahiran Membaca dan Motivasi Murid Bukan Penutur Natif dalam Bahasa Melayu Melalui Kaedah Ekspres-I. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(5), 1–21.

Lutfiyana, A. (2022). Panjang Rata-rata Tuturan pada Anak Usia 2 Tahun 3 Bulan Berdasarkan Teori Brown: Aspek Fonologi. Pena Literasi, 5(1), 9–17.

Midani, A., & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak dengan Perhitungan Mean Length of Utterance dan Kajian Fonologi Anak Usia 4.7 Tahun. Diklastri: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 2(1), 49–54.

Nadya, N. L., & Kirana, H. (2020). Kontribusi Gangguan Berbahasa Fonem/R/Dalam Pembelajaran Pemerolehan Bahasa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 70–81.

Nasir, S. N. Abd., Halim, H. A., Kamaruddin, R., & Yahaya, A. S. (2023). Sebutan Kosa Kata Bahasa Pertama Kanak-Kanak Speech Delay Melalui Analisis Linguistik Klinikal. Internasional Journal of Language Education and Applied Linguistics, 13(2), 83–93.

Nazriani, N. (2021). Kemampuan Berbahasa Anak Usia 3 Tahun (Studi Mlu). JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 17–23.

Putri, H. P. H., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Tiga Bulan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2283–2288.

Ramadhani, R. B., & Setiawan, H. (2021). Analisis pemerolehan bahasa pada anak berdasarkan aspek semantik. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(2), 99–106.

Romadhon, S., Sari, M. C., & Alatas, M. A. (2024). Dampak Pemanfaatan Gawai terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun: Pendekatan Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 478–490.

Septiani, D. A., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa dengan Teknik Kajian Mean Length Utterennce (MLU) dan Aspek Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 221–227.

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 67–77.

Syahidah, I. N., & Setiawan, H. (2022). Pemerolehan Bahasa dan Aspek Fonologi Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan melalui Teknik Mean Length of Utterance. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 207–220.

Wahidah, F. A. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini dan stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44–62.

Yasir, M. (2021). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia 9 Tahun: Kajian Pemerolehan Fonologi dan Ujaran. Deiksis, 13(3), 249.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i2.4119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizka Nur Rohimah, Hendra Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)