Ekspresi Bahasa Bermuatan Self-Improvement dalam Novel Luka Cita Karya Valerie Patkar: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan

Aurora Zaen Afrani, Ririe Rengganis, Setya Yuwana Sudikan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembentukan subjek, mendeskripsikan konstruksi bahasa subjek, serta menganalisis identitas subjek dalam novel Luka Cita karya Valerie Patkar berdasarkan kajian psikoanalisis Jacques Lacan. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan pragmatik pembaca. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, teks, dialog, narasi, dan paragraf novel yang memuat self-improvement serta konsep psikoanalisis Jacques Lacan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik baca dan catat dengan menekankan peneliti sebagai instrumen utama. Analisis data mengacu pada hermeuneutik yang diwujudkan melalui tafsiran serta interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan subjek Tara dalam novel melalui tahap imajiner, simbolik, dan real berimplikasi pada pengembangan diri Tara sebagai atlet catur perempuan. Konstruksi bahasa subjek Tara yang bermuatan self-improvement dapat diklasifikasikan berdasarkan mekanisme metafora dan metonimi yang digunakan untuk mengetahui hubungan makna antar penanda. Identitas subjek Tara teridentifikasi sebagai subjek aktif yang memuat hasrat anaklitik dan narasistik. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap bidang bahasa dan sastra karena konsep psikoanalisis Lacanian menitikberatkan kajian bahasa dalam karya sastra.


Keywords


ekspresi bahasa, psikoanalisis jacques lacan, self-improvement

References


Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra Perspektif Monodisipliner dan Interdisipliner. Gresik: Penerbit Graniti.

Amin, M. (2021). Perkembangan Sastra Mutakhir ditengah Menjalarnya Kritik Sosialdalam Kajian Pendidikan Bahasa Indonesia. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Islamiyah, 28(01), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tasyri.v28i1.540

Arum, L. P., & Pujiharto, P. (2020). Hasrat Pengarang dalam Novel Gentayangan Karya Intan Paramaditha: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan. Poetika, 8(1), 13. https://doi.org/10.22146/poetika.v8i1.56469

Calyssa, F. A., & Kurniawan, E. D. (2024). Analisis Se lf Improvement Dalam Novel ‘ I Want To Die But I Want To Eat Tteokbokki ’ Novel " I Want to Die but I Want to Eat Tteokpokki " mengikuti kisah seorang tokoh utama yang berjuang dengan perasaan bingung antara keinginan untuk mengakhiri hidup da. 2(2).

Erwany, L. (2018). Perkembangan Kritik Sastra Di Sumatera Utara. The Development Of Literary Criticism in North Sumatra. XVI(2).

Fadhilla, I. (2023). Dinamika Panggung Kritik Sastra Indonesia. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 01(01), 46–66. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.875

Faruk. (2017). Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hassan, K., Khatoon, A., & Hafeez, A. (2022). Language, Desire and Absence: A Study of Metaphor and Metonymy in Moniza Alvi’s Poetry. Pjsel, 9(1), 2523–1227.

Herawati, L. (2021). Kritik Sastra (Pertama). CV. Zenius Publisher. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/10819/Buku-Kritik-Sastra-Tinjauan-Teori-dan-Contoh.pdf

Hilaliyah, H., Yulianto, B., Sodiq, S., & Supratno, H. (2024). Cyber -Bahasa-Sastra pada Aplikasi di Playstore sebagai Model Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(2), 2029–2039.

Hilmi, A. W., Nurmala, M. D., & Dalimunthe, R. Z. (2024). Pengembangan Self improvement Book untuk Menemani Rasa Loneliness. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 9(1).

Himmah, A., & Pujiharto. (2020). Pembentukan Subjek pada Tokoh Utama dalam Novel Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu Karya Agus Sunyoto: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan. Universitas Gadjah Mada.

Islahiyah, E. N., Anoegrajekti, N., Mustamar, S., Indonesia, J. S., Budaya, F. I., Jember, U., Kalimantan, J., Bumi, K., & Boto, T. (2018). PSIKOANALISIS JACQUES LACAN ( Subjectivity Of Gresik Authors In 2000 ’ s : Jacques Lacan ’ s Psychoanalytical Study ). 6(2), 124–129.

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Yayasan DPI, 1(1). https://badanpenerbit.org/index.php/dpipress/article/view/8

Kasmawati, K. (2022). Kritik Sastra dengan Pendekatan Pragmatik pada Cerpen “Malaikat Juga Tahu” Karya Dewi Lestari. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 253–261. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.245

Manik, R. A. (2016). Hasrat Nano Riantiarno Dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika, IV(2).

Minti, W. K. N., & Kau, M. U. (2024). Self improvement dalam Novel Ranah 3 Warna dan Jangan Membuat Masalah Kecil Menjadi Masalah Besar (Kajian Sastra Bandingan). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(1), 71–85. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/article/view/24519%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/article/download/24519/8379

Nahdiah, P., Barat, T., Sumadyo, B., Barat, T., Sumarto, S. T., & Barat, T. (2021). Deiksis Persona dan Pesan Persuasif dalam Buku Pengembangan Diri : Ingatkan Aku Karya Fitria NA. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 154–160.

Ngin, K., & Sudikan, S. Y. (2023). Hasrat Tokoh Alina Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis (Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan). Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10(3), 125–136. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54601%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54601/43383

Patkar, V. (2022). Luka Cita. Bhuana Sastra.

Putri, D. A. R., & Apriliyanti, P. A. (2021). Faktor Faktor Minat Baca Buku Pengembangan Diri. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(1), 65–102. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/literasi.v2i1.4411

Rengganis, R. (2023). Seksualitas Ayu Utami Saman dan Larung dalam Psikoanalisis. Yogyakarta: Penerbit JBS.

Rozida, S. (2019). Metonimi dan Metafora Jaques Lacan Dalam Subjek Lagu Cidro. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 197–204. https://doi.org/10.33367/.v1i2.953

Saadah, U. L., & Damariswara, R. (2022). Aspek Sosial dalam Novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari: Kajian Sosiologi Sastra. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 42. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.4909

Sahara, D. (2019). Hasrat Eka Kurniawan Dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan). Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(2), 2–16. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i2.1280

Sahtyaswari, R. C. (2018). Mekanisme Pembentukan Subjek pada Tokoh Jayanegara dalam Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari (Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan). Bapala, 01(01), 1–14.

Sari Pertiwi, W. H., & Weganofa, R. (2015). Pemahaman Mahasiswa Atas Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Refleksi Artikel Hasil Penelitian. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 10(1), 18. https://doi.org/10.18860/ling.v10i1.3029

Satrya HD., D. (2015). Arena (Kritik) Sastra Indonesia: Studi Kasus Pada Jurnal Poetika Fib Universitas Gadjah Mada. Poetika, 3(2). https://doi.org/10.22146/poetika.v3i2.10440

Suhita, S., & Purwahida, R. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, S. F., & Fajrin, H. (2021). Celurit Warisan Karya Muna Masyari: Psikoanalisis Jacques Lacan Celurit Warisan By Muna Masyari: Jacques Lacan’S Psychoanalisis. Jurnal Batra: Bahasa Dan Sastra , 7(1), 26–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i2.3716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aurora Zaen Afrani, Ririe Rengganis, Setya Yuwana Sudikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)