Tradisi Mudun Lemah untuk Anak di Desa Junrejo, Kota Batu Malang dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Anita Kurnia Rachman, Susandi Susandi, Fenita Elizaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna tuturan, makna simbol tradisi mudun lemah di Desa Junrejo Kota Batu Malang, dan implementasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan hermeniutika Paul Ricoeur. Sumber data berasal dari narasumber, yaitu dukun bayi. Data berupa hasil pengamatan langsung prosesi Mudun Lemah, wawancara dengan tokoh adat, dan foto serta video prosesi mudun lemah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumuntasi. Hasil dari prosesi tradisi mudun lemah, yaitu. 1) peralatan untuk di bawa ke sungai; 2) pakaian baru dan bunga setaman; 3) tumpeng; 4) jajan pasar; 5) perjalanan menuju kali; 6) sesajen; 7) dukun bayi memandikan anak di sungai; 8) anak memakai pakaian baru; 9) slametan di sungai bersama warga dan saudara; 10) pembagian tumpeng kepada warga; 11) persiapan untuk kembali ke rumah; 12) proses mengambil peralatan dan uang untuk diberikan kepada oramg tua. Berdasarkan 12 prosesi ini memiliki makna untuk mengajarkan anak tentang tanggung jawab, optimis, menjaga nama baik keluarga, bekerja keras agar memiliki masa depan lebih cerah. Implementasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu integrasi dalam materi teks deskriptif dan naratif, pengembangan materi ajar berbasis kearifan lokal, pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), penerapan dalam kurikulum merdeka, kesimpulan dari prosesi tradisi mudun lemah ini mengenalkan kearifan lokal di masyarakat dan sekaligus dapat diimplementasikan mengajarkan tentang pendidikan karakter yang terdapat dalam prosesi mudun lemah.


Keywords


makna tuturan, simbol, tradisi mudun lemah, pembelajaran, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. W., Sinaga, R. M., & Wakidi. (2016). Tedhak siten Dalam Tradisi Masyarakat Jawa Desa Utama Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 4 (1).

Arvianto, F., & Kharisma, G. I. (2021). Budaya dan Kearifan Lokal Kerajaan Insana di Dataran Timor. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10 (1).

Bakhtiar, Dian. (2016). Peran Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam Membangun Intelektual Bangsa dan Menjaga Budaya Nasional di Era MEA. Seminar Nasional Pendidikan, Vol 1.

Budiyono dan, & Yoga. (2017). Menggali Nilai Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Sebagai Sumber Pendidikan Karakter. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 1(1).

Burhanudin, S. (2020). Perubahan Tradisi Perawatan Di Masa Kehamilan. Jurnal Equalita, 2(2).

Busro, B., & Qodim, H. (2018). Perubahan Budaya dalam Ritual Slametan Kelahiran di Cirebon, Indonesia. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 14 (2).

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Renika Cipta.

Chairul, Arni. (2019). Kearifan Lokal dalam Tradisi Mancoliak Anak pada Masyarakat Adat Silungkang. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 5 (2).

Fazri, I. Al, & Hajam. (2019). Kesenian Brai, Warisan Budaya Leluhur Cirebon. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 5(2).

Funk, & Wagnalls. (2013). Pedoman Peminatan Peserta didik. Jakarta: Depdikbud.

Hafidzi, A. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Optimisme pada Tradisi Tedhak siten di Masyarakat Jawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3 (2).

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3 (2).

Jamila, Nur dam Subairi. (2023). Makna Simbolik Tradisi Tedhak Siten Perspektif Hukum Islam Pada Keluarga Alumni Pondok Pesantren Nurul Huda. Al-Qawaid: Journal of Islamic Family Law, 2 (1).

Muhaimin. (2017). Tradisi. Ciputat: Logos Wacana Ilmu.

Rahayu, I., Friantary, H., & Andra, V. (2022). Analisis Bentuk, Makna, dan Fungsi Tradisi Tedak Siten dalam Masyarakat Jawa di Dusun Purwodadi, Desa Ciptodadi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Pustaka Indonesia JPI, 2 (2).

Sabrina, Nayla. (2023). Tedak Siten is a Traditional Javanese Ceremony that Honors the earth and Instills Noble Values—Indonesian Journal of Tourism and Hospitality Management (WAKATOBI), 2 (2).

Sholikhin, M. (2010). Ritual dan Tradisi Islam Jawa: Ritual-ritual dan Tradisi Tentang Kehamilan, Kelahiran, Pernikahan, dan Kematian dalam Kehidupan sehari-hari Masyrakat Islam Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Simatupang, et al., (2024). Analisis Peran Tradisi Lisan Dalam Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4).

Sugiana, A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1).

Tohri, A., Rasyad, A., Sururuddin, M., & Istiqlal, L. M. (2022). The urgency of Sasak local wisdom-based character education for elementary school in East Lombok, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1).

Ulum, I. R., & Ruhaliah. (2022). Philosophical Values in the Mudun Lemah Tradition Sumbakeling Village, Pancalang District, Kuningan Regency. Proceedings of the Fifth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2021), 595 (Icollite).

Wahano, Try. (2021). Makna Simbolik Tradisi Tedak Siten Studi di Desa Kampung Tengah Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ushuludin, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Wahyudhi, A. D. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Tedhak Siten Menurut Perspektif Pendidikan Agama Islam di Desa Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. IAIN Kudus.

Wardani, Dewi Ayu Wisnu. (2021). Tradisi Tedak Siti Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Widya Aksara, 26 (2).

Yuniati, et al., 2024. Tradisi Tedhak Siten Sebagai Kearifan Lokal Budaya Jawa Dalam Perspektif Masyarakat Desa Dondong. Jurnal Ikadbudi, 13 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i2.3542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Anita Kurnia Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)