Feminisme Liberal dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Kajian Sosiologi Sastra

Lathifatus Saidah, Sri Utami, Iwan Sugianto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan feminisme liberal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dengan sudut pandang tokoh utama perempuan dalam novel yakni Aini dan Guru Desi. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah bahasa yang digunakan dalam novel dengan metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Data penelitian berupa kalimat, frasa, kata, wacana dan paragraf yang berisi feminisme liberal dalam bentuk perjuangan perempuan yang dipresentasikan sebagai sosok yang kuat. Selain itu, terdapat perjuangan kesetaraan hak perempuan dalam pendidikan dan pengambilan keputusan, dan nilai-nilai pendidikan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini juga dapat menjadi referensi dalam kaitannya dengan bidang sastra untuk melakukan penelitian yang berbeda.   

 


Keywords


feminisme, novel guru aini, nilai pendidikan, sosiologi sastra

Full Text:

PDF

References


Ansasmito, Sutrimah, & Hasanudin, C. (2020). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.” Jurnal Pendidikan Edutama, 2. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Aulia, T. N., Asbari, M., Insan, U., & Indonesia, P. (2023). Lite Literaksi :Jurnal Manajemen Pendidikan “Bahaya Digital Fatigue pada Kesehatan Mental : Analisis Singkat Perspektif Rhenald Kasali.” 01(01), 30–33. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3492173

Aziz, A. (2021). “Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3879

Bajari, A. (2015). metode penelitian komunikasi. simbiosa rekatama media. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/101173/metode-penelitian-komunikasi-prosedur-tren-dan-etika.html

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). No Title No Title No Title. NBER Working Papers,89.

Budi, D. (2004). Pengantar Teori Sastra. Pusat Bahasa Depdiknas.

Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman, A. (2018). “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi.” Puitika, 14(1), 1. https://doi.org/10.25077/puitika.14.1.1--13.2018

Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/168

Herman, Selfiana. (2020). Nilai Moral Dalam Novel Selembar Itu Berarti Karya Suryaman Amipriono. UMM. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://jurnal.unigal.ac.id/diksatrasia/article/view/7836

Irwansyah, M. (2016). "Nasionalisme Dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah. FITK UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34528

Isnaeni, P. R., Rosyida, F., & Asror, A. G. (2021). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.” Edutama, 1, 1–8. https://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1584/

Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14021

Mahsun, E. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya (revisi 4). PT Raja Grafindo Persada.

Melia, T (2016). Analisis Feminisme Novel Padusi Karya KA;BATI. 1 – 23. https://digilip.unimet.ac.id/id/eprint/30971

Miladiyah, S. H. (2014). “Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Tohari dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA.” Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syaraif Hidayahtullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24636

Misra, N. (2018). “Karakter Tokoh Utama Novel Sendalu Karya Chavchay Syaifullah.” Jurnal Kata : Penelitian Tentang Ilmu Bahasa & Sastra, 2(1), 30–26.

Murpratama, Dian Ayu. (2012). Aspek Social Dalam Novel Pusaran Arus Waktu Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. UMS Library. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. e-ISSN: 2714-9862

Muslich, M. (2011). “Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.” bumi aksara.

Mutaqqim, A. (2003). Tafsir Feminis Versus Tafsir Patriaki. In sabda persada. sabda persada.

Nanda Atikah, V., & Sofeny, D. (2020). “Feminisme dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata.” c.

Nur Endah, P. dan E. I. (2021). “Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kepedulian Lingkungan.” Madah : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 14–24.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak. UGM Press.

Nuristifah, H. (2021). “Aspek Sosiologi Sastra Dan Nilai Edukatif Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 57–66.

Puspita, Y. (2019). “Stereotip Terhadap Perempuan Dalam Novel-Novel Karya Abidah El Khalieqy: Tinjauan Sastra Feminis.” Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–42. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.7

Ritzer, G dan Smart, B. (2014). Handbook Teori Sosial. Nusa Media.

Rosyadi. (1995). “Nilai-Nilai Budaya Dalam Naskah Kaba.” CV Dewi Sari. http://pustaka.kebudayaan.kemdikbud.go.id/index.ph...

Ryan, M. (2011). Teori Sastra Sebuah Pengantar Praktis. jalasutra.

Saputri, lintang cahyu dan yoyoh nur laeliyah. (2020). nilai pendidikan karakter pada novel perahu kertas karya dewi lestari. Klitika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–13. e-ISSN: 2714-9862

Septi Pratiwi, I. (2023). “Analisis Psikofeminisme Pada Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak.” In Journal of Engineering Research. Dr.Soetomo Surabaya. https://doi.org/10.25139/fn.v6i2.6715

Setianingsih, Y. (2019). “Nilai Nasionalisme dan Moral Dalam Novel Diponegoro dan Perang Jawa Karya Ms Ardian Gajah dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.” Linguista : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 3(1), 50–58. http://doi.org/10.25273/linguista.v3i1.4654

sriwijaya, U. (2020). “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Suharto, sugihastuti dan. (2016). “Kritik Sastra Feminis.” pustaka belajar. http://eprints.undip.ac.id/73070/1/Jurnal_Skripsi_(Destiobella_Esterlita_-_13010114140114).pdf

Suwardi. (2011). Sosiologi Sastra. FBS Universitas Negri Yogyakarta. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i1.12728

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). In penerbit garudhawaca.

Zubaedi. (2016). Pendidikan Berbasis Masyarakat. pustaka belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.3399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 LATHIFATUS SAIDAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)