Strategi Implementasi Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Studi Kasus MTs Se-Kota Cirebon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran RPP Bahasa Indonesia yang dibuat oleh guru MTs se-Kota Cirebon dalam implementasi sikap spiritual dan sosial kepada peserta didik. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi terhadap 10 guru Bahasa Indonesia, wawancara mendalam dengan lima guru terpilih berdasarkan kriteria pengalaman mengajar minimal lima tahun, serta studi dokumentasi RPP yang digunakan. Analisis data dilakukan secara simultan dengan pengumpulan data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah berupaya mengimplementasikan dan mengintegrasikan sikap spiritual dan sosial dalam komponen tujuan, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian dalam RPP, serta melalui interaksi dengan siswa. Namun, terdapat kendala seperti kurangnya buku teks dan metode/media pembelajaran yang mendukung pengimplementasian sikap spiritual dan sosial, sehingga upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, R. (2018). Meningkatkan Kompetensi guru dalam penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Ambalawi Rusdi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 67–79.
Ariantin, N. P., Suandi, I. N., & Sutama, I. M. (2014). Implementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di kelas VII SMP I Negri Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1–11).
Audina, R., & Harahap, R. D. (2022). Analysis of Learning Implementation Plans (RPP) for Prospective Biology Teacher Students. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.20527/bino.v4i1.12186
Basrowi, & Suwandi. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Bugis, D., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). Upaya Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa: Studi di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Kabupaten Bogor. Prosidiing Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 67–76.
Darmawan, M. F., & Muslimin, M. (2024). Implementasi Pembiasaan Khotmil Qur’an (MPL) dalam Mewujudkan Sikap Spritual Siswa Kelas VII.A Madrasah Tsanawiyah Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(3), 1–23.
Evelyn Marbun, M., Masri Perangin Angin, L., Husna, N., Khairani Ritonga, R., & Anshari, S. (2022). Analisis Kesulitan yang Dialami Guru dalam Pembuatan RPP di SDN 060843 Medan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 1–9. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.780
Hamalik, O. (2005). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. PT Bumi Aksara.
Januarti, R., Asrori, & Jamiah, Y. (2017). Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–9. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23196
Juariah, S., Wartono, W., & Yasykur, M. (2019). Peran Pondok Pesantren Darussunnah dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Masyarakat Desa Iwul Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Prosa PAI (Prosiding Al-Hidayah: Pendidikan Agama Islam), 28–45.
Kaka, P. W. (2022). Integrasi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Citra BAkti. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 11(1), 14–50. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416924
Kamala, I. (2019a). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 1–30. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.187
Kamala, I. (2019b). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 1–30. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.187
Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26–36. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.755
Miasmara, C. A., Rizki, A., & Nucifera, P. (2019). Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Mts N 1 Aceh Tamiang. Jurnal Samudra Bahasa, 2(2), 21–32. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/1679
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. PT Bumi Aksara.
Nasution. (2016). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda sebagai Penerus Tradisi Sambatan dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosia, 25(1), 57–76. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Pitriyani, A., Devung, G. S., & Anggal, N. (2020). Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada Kurikulum 2013. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 4(2), 56–67. https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/65
Pranjia, U. R., Ulpa, I. M., & Manthika, S. P. (2020). Implementasi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial dalam Sistem Full Day School. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5032
Pratiwi, E. Y. R., Aslina, Y., Suyuti, S., Dwinata, A., & Nadziroh, F. (2022). Dampak Penerapan K-13 dan Teknologi Pembelajaran pada Masa Covid-19 terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9936–9946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4167
Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974
Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa. Magistra, 29(101), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9
Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 311–330. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–35.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i2.3395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Emah Khuzaemah, Veni Nurpadillah, Sultan Tirta Mujtaba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)