Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal dalam Keterampilan Menulis Siswa SMA

Alfi Fadhila, Ani Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan solusi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa SMA dengan mengadopsi model pembelajaran proyek berbasis kearifan lokal. Teknik perpustakaan digunakan dalam penelitian ini sebagai metodologi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL (Project-Based Learning) berbasis kearifan lokal dapat membantu guru meningkatkan keterampilan menulis siswa SMA-nya. Saat ini kemampuan menulis siswa masih terbilang rendah. Inovasi model pembelajaran melalui inisiatif pembelajaran berbasis kearifan lokal merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan standar pembelajaran menulis. Perkembangan kemahiran siswa dalam setiap kompetensi bahasa mempengaruhi kemahiran mereka dalam kompetensi bahasa lainnya. Dalam model PBL, kearifan lokal yang difokuskan pada peningkatan keterampilan menulis siswa diterapkan melalui topik diskusi teks. Pembelajaran keterampilan menulis mendorong siswa untuk terlibat penuh dalam pendidikan dan latihan sehingga nantinya siswa akan terampil dan cakap dalam menulis.

Keywords


kearifan lokal, menulis, pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Anggraeni, K., & Yonanda, A. D. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Visipena, 9(2), 385.

Antrisna Putri, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730

Dadang, O., & Anshori, S. (2003). Membaca dan Menulis: tentang Budaya Yang Gagap. In Mendamba Indonesia yang literat, Esai-esai Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. FPBS Uni-versitas Pendidikan Indonesia.

Hadiani, D., & Permata, N. N. (2019). An Analysis Of Students’ Writing Skills: Focus On Grammatical And Discourse Competence. Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(2), 198–208. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220206

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Anggraeni, K., & Yonanda, A. D. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Visipena, 9(2), 385.

Antrisna Putri, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730

Dadang, O., & Anshori, S. (2003). Membaca dan Menulis: tentang Budaya Yang Gagap. In Mendamba Indonesia yang literat, Esai-esai Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. FPBS Uni-versitas Pendidikan Indonesia.

Hadiani, D., & Permata, N. N. (2019). An Analysis Of Students’ Writing Skills: Focus On Grammatical And Discourse Competence. Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(2), 198–208. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220206

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3650

Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi RI.

Metalin Ika Puspita, A., Budi Santosa, A., Basuki, Y., Dwi Purnomo, Y., & Nuriadin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2037

Mulyani, M. (2011). Model Pembelajaran Menulis Berbasis Kearifan Lokal Yang Berorientasi Pendidikan Karakter Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Smpn 2 Kelas Vii, Windusari, Magelang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–109.

Nashiroh, A. D., Safitri, A., Putri, A. K., Irsa, A. H., Kusuma, A. P., & Nurhayati, E. (2023). Pentingnya Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa Tingkat 1 DIII Keperawatan Sutopo. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(11), 918–924. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i11.738

Niman, E., & Wejang, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal Berbasis Project-Based Learning. JIPD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2).

Pardiansyah, T. (2020). Eskalasi Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Media Gambar Seri dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Write. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 35. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.2709

Pranandari, I. W., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sanan Wetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3).

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69.

Sarjono Owon, R. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318

Septriyanti, Y. (2012). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).

Solissa, E. M. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 163. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8401

Sugerman, Hasan, & Mawardi, A. (2022). Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen SMAN 1 Dompu. Inara Journal, 3(3). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Sutarna, N., & Lutfi, A. F. (2021). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 883–894. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1218

Syamsi, K. (2012). Model Perangkat Pembelajaran Menulis Berdasarkan Pendekatan Proses Genre Bagi Siswa SMP. LITERA, 11(2), 288–297. https://doi.org/10.21831/ltr.v11i2.1070

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia). Al-Adabiya : Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 10(2).

Widiastini, N. K., Sutama, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Penerapan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 13–23. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i1.3316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfi Fadhila, Ani Rakhmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)