Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal dalam Keterampilan Menulis Siswa SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Anggraeni, K., & Yonanda, A. D. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Visipena, 9(2), 385.
Antrisna Putri, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730
Dadang, O., & Anshori, S. (2003). Membaca dan Menulis: tentang Budaya Yang Gagap. In Mendamba Indonesia yang literat, Esai-esai Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. FPBS Uni-versitas Pendidikan Indonesia.
Hadiani, D., & Permata, N. N. (2019). An Analysis Of Students’ Writing Skills: Focus On Grammatical And Discourse Competence. Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(2), 198–208. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220206
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Anggraeni, K., & Yonanda, A. D. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Visipena, 9(2), 385.
Antrisna Putri, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730
Dadang, O., & Anshori, S. (2003). Membaca dan Menulis: tentang Budaya Yang Gagap. In Mendamba Indonesia yang literat, Esai-esai Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. FPBS Uni-versitas Pendidikan Indonesia.
Hadiani, D., & Permata, N. N. (2019). An Analysis Of Students’ Writing Skills: Focus On Grammatical And Discourse Competence. Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(2), 198–208. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220206
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3650
Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi RI.
Metalin Ika Puspita, A., Budi Santosa, A., Basuki, Y., Dwi Purnomo, Y., & Nuriadin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2037
Mulyani, M. (2011). Model Pembelajaran Menulis Berbasis Kearifan Lokal Yang Berorientasi Pendidikan Karakter Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Smpn 2 Kelas Vii, Windusari, Magelang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–109.
Nashiroh, A. D., Safitri, A., Putri, A. K., Irsa, A. H., Kusuma, A. P., & Nurhayati, E. (2023). Pentingnya Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa Tingkat 1 DIII Keperawatan Sutopo. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(11), 918–924. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i11.738
Niman, E., & Wejang, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal Berbasis Project-Based Learning. JIPD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2).
Pardiansyah, T. (2020). Eskalasi Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Media Gambar Seri dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Write. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 35. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.2709
Pranandari, I. W., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sanan Wetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3).
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69.
Sarjono Owon, R. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318
Septriyanti, Y. (2012). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).
Solissa, E. M. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 163. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8401
Sugerman, Hasan, & Mawardi, A. (2022). Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen SMAN 1 Dompu. Inara Journal, 3(3). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92
Sutarna, N., & Lutfi, A. F. (2021). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 883–894. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1218
Syamsi, K. (2012). Model Perangkat Pembelajaran Menulis Berdasarkan Pendekatan Proses Genre Bagi Siswa SMP. LITERA, 11(2), 288–297. https://doi.org/10.21831/ltr.v11i2.1070
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia). Al-Adabiya : Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 10(2).
Widiastini, N. K., Sutama, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Penerapan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 13–23. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220
Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i1.3316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Alfi Fadhila, Ani Rakhmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)