Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berbasis Media Wakelet: Penguatan Kompetensi Kaidah Bahasa Indonesia

Salsabil Firdaus Yusufien, Endry Boeriswati, Sintowati Rini Utami

Abstract


Penelitian inibertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP dengan media Wakelet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas VII SMP Labschool Jakarta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Pengembangan bahan ajar memuat teknik pengembangan teks, struktur teks, dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. Kualitas bahan ajar mendapatkan penilaian dengan kategori sangat baik dari validator dengan nilai rata-rata 94%. Hal ini dibuktikan oleh peningkatan nilai rata-rata antara pretest sebesar 57 dan posttest sebesar 82, yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan pengembangan bahan ajar keterampilan menulis teks deskripsi dengan media Wakelet dalam meningkatkan hasil belajar menulis teks deskripsi siswa.

Keywords


bahan ajar, keterampilan menulis, media wakelet, teks deskripsi

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.

Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Djatmika, & Isnanto, R. (2016). Menulis Teks Deskripsi dalam Bahasa Inggris. Bandung: PT Pakar Karya.

Ekomila, S., Andayani, T., Pasaribu, P., & Malau, W. (2022). Pendampingan Literasi Pembelajaran Dan Pengemasan Bahan Ajar Berbasis Digital Bagi Guru Di SMA YPI Amir Hamzah Kota Medan. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56-62.

Fadhillah, D., Fitroh, A., Nur Sania, L., & Damayanti, D. (2022). Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fadly, A., Kartikasari, R. D., & Baihaqi, F. H. (2020). Analisis Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Hasibuan, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Latihan Terbimbing Menggunakan Gambar di SMAN 4 Pekanbaru. GERAM, 5(2), 1-6.

Husein, S., Hamid, M. A., & Umar, M. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab On-Line Berbasis Website Wakelet pada Program Intensif Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 175-209.

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, and Grammar: Technologies for Teaching and Assesing Writing. Sydney: University of New South Wales Press.

Kosasih, E., Harsiati, T., & Trianto, A. (2017). Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20-31.

Nurhidayati, N., Harjito, H., & Suwandi, S. (2020). Pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi menggunakan media bagan berbasis kontekstual untuk SMP Kelas VII Kota Semarang. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 24-32.

Smith, J. (2020). George Herbert Mead’s Symbolic Interactionism: An Introduction. International Journal of Sociologi and Anthropology, 8 No 4, 53–60.

Suparni. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Dengan Model Induktif Gambar-Berkata pada Peserta Didik SMP Kelas VII di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Suryani, W. (2021). Peningkatan Keterampilan Menuls Teks Deskripsi melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Mindmapping. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8 (1).

Ulfa, N. (2018). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Makassar melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Tesis. Universitas Negeri Makassar.

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 (2).

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Yanti, F. I. T. R. I. (2019). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 179.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i1.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salsabil Firdaus Yusufien, Endry Boeriswati, Sintowati Rini Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)