Pemanfaatan Google Clasroom sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi

Virgi Riyan Muksa, Dina Merdeka Citraningrum, Agus Milu Susetyo, Astri Widyaruli Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pemanfaatan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi, 2) langkah-langkah yang dilakukan siswa dalam pemanfaatan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi, 3) kelebihan dan kekurangan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi, 4) kriteria kelayakan Google Classroom sebagai media penunjang pebelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pemanfaatan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi meliputi: membuat kelas, membuat lembar kehadiran siswa, menyusun materi, membuat tugas, menyampaikan materi, dan melakukan penelitian. Langkah-langkah yang dilakukan siswa meliputi: bergabung ke dalam kelas, mengikuti pembelajaran, mengakses materi, dan mengerjakan tugas pada google classroom. Kelebihan google classroom: mudah digunakan, mengemat waktu, fleksibel dan hemat biaya. Kekurangan google classroom: membutuhkan panduan pengguna baru, memerlukan jaringan internet yang stabil, dan perangkat yang mendukung dalam pemanfaatanya. Kriteria kelayakan Google Classroom sebagai media pembelajaran meliputi kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknis.

Keywords


google classroom, media pembelajaran, pemanfaatan

Full Text:

PDF PDF

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK Volume 7, No 1, 7-18.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 1-11.

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement, 1-6.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 225 - 233.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Pt. Refika Aditama.

Miftah, M. (2018). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Belajar. Jurnal Kwangsan , 95-105.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 46-55.

Nurhasanah, N. (2017). Peranan Bahasa sebagai Mata Pelajaran Wajib di Indonesia. Jurnal Eduscience, 87-93.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 171-187

Ratnawati, N. M., Utama, I. B., & Dewantara, I. M. (2019). Pemanfaatan E-learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 46-56.

Rizkianti, N., & Mustika, D. (2022). Pemanfaatan Fitur Google Classroom sebagai Platform Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 284-293.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesa, 1-18

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Surayya, E. (2012). Pengaruh Media Dalam Proses Pembelajaran. AT-TA'LIM, 65-72.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebgai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Virgi Riyan Muksa, Dina Merdeka Citraningrum, Agus Milu Susetyo, Astri Widyaruli Anggraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)