Analysis of Cambodian Students' Phonological Errors in Speaking Skills

Ela Putri Yanti, Syafryadin Syafryadin

Abstract


BIPA atau dikenal sebagai Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing merupakan sebuah program pembelajaran yang subjeknya adalah pembelajar asing. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan pembelajar Kamboja dalam keterampilan berbicara bahasa Indonesia terhadap bunyi atau fonologi. Penelitian kualitatif merupakan metode dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah pelajar asal Kamboja. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa metode perekaman dan wawancara untuk mendapatkan data yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan fonologis yang terjadi pada pembelajar BIPA asal Kamboja khususnya dalam keterampilan berbicara, kesalahan pengucapan bunyi vokal dan konsonan, seperti: [e] menjadi [a], [i] menjadi [e], [h] diakhir /tengah menjadi [s], [ŋ] menjadi [ŋ] dan [g], [p] menjadi [b], [r] di akhir menjadi hilang, dan [s] di depan menjadi bunyi [z]. Dengan mengetahui beberapa masalah pelafalan fonologi bahasa Indonesia yang dihadapi oleh pembelajar BIPA asal Kamboja, penelitian ini berharap materi dan pendekatan pengajaran yang tepat dapat disesuaikan untuk mengurangi hambatan yang dapat mengganggu proses pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


bipa, fonologi, kesalahan pengucapan, keterampilan berbicara, pembelajar

Full Text:

PDF PDF

References


Al Hosni, S. (2014). Speaking difficulties encountered by young EFL learners. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL), 2(6), 22-30.

Anjarsari, N. (2012). Analisis kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa penutur bahasa asing di Universitas Sebelas Maret. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1), 1-13.

Faiza, F. S., & Irsyad, R. E. (2021). Tingkat kemampuan berbicara pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia penutur asing) tingkat pemula menggunakan tes teks deskripsi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(2), 19-38.

Fuad, M. & Sumarti. (2017). Pembelajaran berbicara BIPA berbasis tipologi bahasa program Darmasiswa di universitas Lampung (BIPA speaking learning based on language typology of Darmasiswa program at Lampung university). Malang: Prosiding Konferensi Internasional Pengajar BIPA XI, Jilid II, 2-7.

Hasan, A. S. (2000). Learners' perceptions of listening comprehension problems. Language Culture and Curriculum, 13(2), 137-153.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA dan pembelajarannya. K Media.

Laksono, P. T. (2020). Pengembangan desain pembelajaran BIPA darmasiswa pada pembelajar tingkat mahir rendah. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 26(2), 106-119.

Lia, E. A., Mulawarman, W. G., & Hefni, A. (2018). Pronomina persona dalam Bahasa Dayak Benuaq di Kecamatan Muara Lawa Kabupaten Kutai Barat. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 19-28.

Liliana. M. (2019). Bahasa Indonesia bagi penutur asing: Acuan teori dan pendekatan pengajaran (Indonesian language for foreign speakers: Reference theory and teaching approach). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lumbangaol, R. R., & Mazali, M. R. (2020). Improving students speaking ability through simulation. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 7(2), 163–172.

Masuram, J., & Sripada, P. N. (2020). Developing speaking skills through task-based materials. Procedia Computer Science, 172, 60–65.

Myslihaka, L. (2016). Communication as the center of teaching/learning process of foreign languages (The case of French language). European Journal of Social Science Education and Research, 3(2), 147–154.

Namaziandost, E., Hashemifardnia, A., & Shafiee, S. (2019). The impact of opinion-gap, reasoning-gap, and information-gap tasks on EFL learners speaking fluency. Cogent Social Sciences, 5(1), 1-16.

Permendikbud. (2017). Standardisasi program Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dalam rangka peningkatan fungsi bahasa negara (standardization of indonesian language program for foreign speakers (BIPA) in the context of improving state language functions).

Prasetya, T. (2017). Kosakata sehari-hari kelompok transeksual di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 98–109.

Putrawan, G. E, Mustika, I. W. & Bambang R. (2019). A study on EFL learners’ belief about translation as a learning strategy in Indonesia. Kervan Journal, 23(1), 235-248.

Rafkahanun, R. (2021). Analisis Kesalahan Fonologis dalam Keterampilan Berbicara Pembelajar BIPA di Pusat Studi Indonesia Ismailia Mesir. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 78-87.

Ryan, N, D. (2018) Problematika pemelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) di Timor Leste. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Saed, H. A., Haider, A. S., Al-Salman, S., & Hussein, R. F. (2021). The use of Youtube in developing the speaking skills of Jordanian EFL university students. Heliyon, 7(7), 8-23.

Saldana, J., Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). Qualitative data analysis, A methods sourcebook. Saeg Publication.

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Yuma Pustaka.

Srinivas, P. R. (2019). The importance of speaking skills in English classrooms. Alford Council of International English & Literature Journal (ACIELJ), 2(2), 6-18.

Sumarni., Rusminto, N, E., & Burhanudin. (2021). Phonological structure of Indonesian and Vietnamese language: A contrastive analysis. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3), 716-725.

Sumarti. (2019). Strategi pembelajaran pelafalan bunyi bahasa (Language sound pronunciation learning strategy). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Lampung. [Unpublished]. 174-183.

Widianto, E. (2021). Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia oleh Pemelajar BIPA Level Dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam Eko Widianto. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 52-59.

Wijayanti, Y., & Siroj, M. B. (2020). Analisis kesalahan bahasa tulis pemelajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) level 2B wisma bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90-96.

Wikarti, A.R., Renata, E., & Moira, S. (2019). Contrastive analysis between chinese and indonesian phonology and implementation on conversation class. International Journal of Cultural and Art Studies (IJCAS), 3(1), 1–14.

Wiratsih, W. (2019). Analisis kesulitan pelafalan konsonan bahasa Indonesia (Studi kasus terhadap pemelajar BIPA asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 242-255.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ela Putri Yanti, Syafryadin Syafryadin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)