The Implementation of a Module “Sahabatku Indonesia” in Favorite Song Units on the Speaking Skills of BIPA Students

Syahraini Nursyifa Camila, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Bahasa Indonesia bagi  Penutur Asing (BIPA) merupakan suatu program pengajaran bahasa Indonesia yang subjek pengajarannya penutur asing. Proses pembelajaran BIPA tentu memerlukan kurikulum, bahan ajar, dan metode pembelajaran yang tepat dan menarik untuk keberhasilan penutur asing dalam mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian untuk mengatahui dan mendeskripsikan implementasi modul Sahabatku Indonesia dalam unit lagu favorit terhadap keterampilan berbicara pada BIPA level 7. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa pengumpulan data dengan melalukan observasi terhadap pemelajar. Hasil observasi pada materi dalam kegiatan modul sahabatku Indonesia dirancang sesuai dengan tingkat, salah satunya tingkat mahir untuk pemelajar yang sudah bisa berbahasa Indonesia, yaitu menggunakan modul sahabatku Indonesia BIPA level 7 yang di dalamnya terdapat unit lagu favorit. Penelitian kali ini mengacu pada SKL (Standar Kompetensi Kelulusan) pada BIPA Level 7 melalui modul yang berfokus pada aspek keterampilan berbicara pada pembelajar BIPA. Hasil dari adanya penelitian ini membuat pemelajar jadi tertarik dalam pembelajaran yang diberikan pengajar dalam menggunakan modul sahabatku Indonesia BIPA level 7 unit lagu favorit dan pemelajar lebih senang terhadap keterampilan berbicara karena dengan adanya pembelajaran melalui keterampilan berbicara membuat pemelajar lebih aktif, sangat menyenangkan untuk menyanyi bersama-sama dengan judul lagu Laskar Pelangi oleh Nidji dan memhami setiap arti dan kosakata pada lirik lagu tersebut.

Keywords


Modul, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, BIPA, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF PDF

References


Arumdyahsari, S., Hs, W., & Susanto, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 828–834.

Handayani, W. (2013). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Strategi Pembelajaran Student Fasilitator and explaining pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD. Diperoleh dari laman http://eprints.ums.ac.id pada tanggal 8 April 2018 pukul 13.00 WIB.

Hapsari, Yuniarti Rahmalia, I Made Sutama, dan I Wayan Wendra. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Berbicara BIPA Siswa Kelas IX di Gandhi Memorial Intercontinental School Bali. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurniasih, D. & Isnaniah, S. (2019). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar dan Penerapannya di IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793.

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ningrum, R. K., Herman J. W., & Retno, W. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The1st Education Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissul, 726-732.

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Procees.

Prasetiyo, A. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Jawa bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Universitas Negeri Semarang.

Ramadhani, R., Harsiati, T., & Widodo, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 326-337.

Rahmawati, L. E., Suwandi, S., Saddhono, K., & Setiawan, B. (2018). Prototype of Indonesian Reading Test for the Foreign Students. International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018), 125–134.

Septyani, D. E., Rafli, Z., & Muliastuti, L. (2020). Keterbacaan Wacana Buku Teks BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat Madya. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 1323.https://doi.org/10.24235/ ileal.v6i1.5448.

Sitaresmi, N. (2017). Model Pembelajaran Struktur Kalimat Bahasa Indonesia bagi Pembelajar Asing (BIPA). Bandung: FPBS UPI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, A., & Dwihudhana, W. (2019). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil PembelajaranBahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.327.

Sumarti. (2020). Pemelajaran Berbicara BIPA Program Darmasiswa Berbasis Tiologi Bahasa dan Budaya Lampung di Universitas Lampung. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing KIPBIPA X/2017.

Suwatra, W., Agus S., & Undang R. (2018). Development of Interactive E-Module for Global Warming to Grow Critical Thinking Skills. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science (IJAEMS), 4(7), 543- 549.https://www.neliti.com/publications/264307/development-ofinterac tive-e-moduleforglobalwarming-to-grow-ofcritical-think. Diakses pada 18 Desember 2021.

Sari, R. D. P., Suwandi, S., & Slamet, S. Y. (2017). Ekskursi Sebagai Strategi Belajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). The 1st 114 Penerapan Metode Berbasis Komunitas dengan Pembiasaan Aktivitas Sehari-Hari pada Pembelajaran Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing | JBIPA | Vol. 3 No. 2 (2021), 104-114 ISSN 2685-5135 (Print) | ISSN 2685-8053 (Electronic) | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 1(1), 714–721.

Suyitno, I., Gatut S., Musthofa K., & Ary F. (2017). Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesia Language. IAFOR Journal of Language Learning, 3(2), 175-190.

Tiawati, Refa Lina, dkk. (2020). Modul Praktik Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Padang: STKIP PGRI Sumbar Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syahraini Nursyifa Camila, Khaerunnisa Khaerunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)