Kesalahan Penggunaan Bahasa Ilmiah dalam Penulisan Skripsi: Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Tati Sri Uswati, Hari Bakti Mardikantoro

Abstract


Skripsi merupakan klimaks dari karya-karya ilmiah mahasiswa program strata satu (S-1). Penulisan karya ilmiah harus sesuai dengan kaidah bahasa ilmiah karena selain untuk mempermudah pemahaman, juga berfungsi menentukan kualitas skripsi yang merupakan dokumen tertulis yang merepresentasikan prestise institusi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa ilmiah pada penulisan skripsi mahasiswa prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Metodologi penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa skripsi mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia tahun 2021. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pembentukan kata (prefiks tidak digunakan secara eksplisit) , kesalahan pemilihan kata (penggunaan ragam cakap/daerah, konjungsi, kata tanya, dan pengulangan kata), kesalahan penyusunan kalimat (kalimat kurang efektif dan kepadatan leksikal rendah), kesalahan penataan penalaran (kesalahan beranalogi), dan kesalahan penerapan kaidah ejaan (preposisi dan tanda baca).

Keywords


kesalahan, bahasa ilmiah, skripsi,

Full Text:

PDF PDF

References


Arifin, Zaenal, Farid Hadi. (2001). 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Akademika Pressindo

Chaer, Abdul. (2011). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Dinanti, Netty Fitria, Susetyo, dan Padi Utomo. (2018). “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu”.https://ejournal.unib.ac.id/ Jurnal Ilmiah Korpus, Volume 3, Nomor 2, Agustus 2019

Gay, L.R. (1981). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplication. Columbus: Charles E. Merril.

Halliday, M. A. K. (1994). An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold.

Halliday, M. A. K. & J.R. Martin.(1993). Writing Science: Literacy and Discursive Power. London: Falmer Press.

Hartisari. (2005). Bahasa dalam Karya Ilmiah. http://repository.usu.ac.id. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Hubbuch, Susan M. (1989). Writing Research Across the Curriculum.2 nd edition. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Jamilah. (2017). “Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa”. Universitas Terbuka Banjarmasin. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan) e-ISSN: 2548-8376.Vol.6 No.2.Juli – Desember 2017 (41-51) DOI: http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1603.

Johan, Mohammad Gio. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 18, Nomor 1, April 2018, pp. 136-149

p-DOI: 10.17509/bsjpbspv18i1.12153

Junawaroh, Siti. (2015). Kajian Deskriptif Struktural Wacana Grafiti pada Truk. DOI: https://doi.org/10.14710/humanika.21.1.49-55

Kay,H. & Tony Dudley-Evans (1998). Genre: what teachers think. ELT Journal 52/4:308—314.

Li, David C.S. (1988). Incoorporating L1 Pragmatic Norms and Cultural Valuesin L2: Developing English Language Curriculum for EIL in Asia-Pacific region. Asian Englishes: an international journal of the sociolinguistics of English in Asia/Pasific I (1)31-50.

Martin, J.R. (1992). English Text: System and Structure. Amsterdam: John Benjamins.

Nunan, D. (1994). Research Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Rifai M.A. (1995). Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Setyawati, Nanik. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Trimble R. (1985). English for Science and Technology: a Discourse Approach: Cambridge University Press.

Wijana, I Dewa Putu. (2013). “Pemakaian Bahasa dalam Karya Ilmiah Populer”. Oktober 2013 JURNAL ARBITRER 1(1):19 doi:10.25077/ar.1.1.19-36.2013. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tati Sri Uswati, Hari Bakti Mardikantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)