Problematika Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Sistem Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IX SMP Negeri 17 Kota Bengkulu
Abstract
Masih terdapat permasalahan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan sistem Blended Learning terutama dalam memanfaatkan Zoom Meeting, Google Classroom, dan pembelajaran luring. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematika yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran Blended Learning pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian survei dengan desain Cross-Sectional digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, menghitung persentase, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat problematika yang dialami siswa kelas IX SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yaitu problematika pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebesar 47% dengan kategori rendah terutama dalam berinteraksi. Problematika pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Google Classroom sebesar 39% siswa mengalami kesulitan dalam mengakses internet. Kemudian, problematika pembelajaran bahasa Indonesia secara luring sebesar 39% terjadi karena siswa kesulitan memahami materi yang singkat dan terbatas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S., Suhartono, S., & Susetyo, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII.1 MTS Negeri 2 Kaur. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 44–58. doi:10.31540/silamparibisa.v3i1.936
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bilfaqih, Y. & Qomarudin, M. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Budi, A. M., & Siswantari, H. (2021). Video Interaktif Materi Tangga Nada Sebagai Media Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 3(1), 52–61. doi:10.24036/musikolastika.v3i1.58
Creswell, J. (2016). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Gusty, S. dkk. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). doi:10.32509/wacana.v18i2.924
Kaur, M. (2013). Blended Learning - Its Challenges and
future. Procedia – Social and Behavioral Sciences
, 612–617.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248
Kumalasari, V. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Jawa Menggunakan Google Kelas dan Quizizz Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayen. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 164-175. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.42488
Malik, J., Trisnamansyah, S. ., & Mulyanto, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Sarana Prasarana, dan Iklim Sekolah terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 81-94. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.48
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?. The Internet and Higher Education, 14(2), 129-135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Muhith, A. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN III Bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45-61. https://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIT/article/view/23
Noermanzah, N. & Suryadi, N. (2020). Improving Students Ability to Analyze Discourse through the Moodle-Based Blended Learning Method. English Review: Journal of English Education, 9(1), 83. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE/article/view/3781/0
Putra, I. B. A. & Sutrisna, I. P. G. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 7(2), 67–74. doi:10.37471/jpm.v7i2.427
Sari, N.. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 46. https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.67
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Susani, A. (2020). Layanan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi Covid-19 dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (e-book). Jakarta: Kemendikbud.
Sutansyah, D. (2019). Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Edum Journal, 2(1), 75–81. doi:10.31943/edumjournal.v2i1.27
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.3204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Meidiah Nurdiana Putri, Ria Ariesta, Noermanzah Noermanzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)