Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi

Yuyun Setiawan Putra, Mulyadi Eko Purnomo, Suhardi Mukmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam yang sesuai dengan media pengembangan; 2) mendeskripsikan hasil validasi media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam; 3) mendeskripsikan hasil menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam setelah diterapkan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancangan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam yang telah direkomendasikan oleh para ahli adalah layak untuk di uji cobakan. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli kebahasaan pada produk pengembangan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam setelah diterapkan media audio visual mengalami peningkatan dengan kriteria sangat efektif.

Keywords


audio visual, media, menulis teks deskripsi, pengembangan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badrun, Ahmad. 2003. Patu Mbojo: Stuktur, Konteks Pertunjukan, Proses Penciptaan, dan Fungsi. Disertasi Pada Program Pascasarjana FIB Universitas Indonesia.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung. Yrama Widya.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung. Yrama Widya.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Farida. 2011 Peningkatkan Aktivitas Siswa pada Penulisan Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar di Kelas V SD Negeri 6 Gedung Air Tanjung Karang Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gafar, Abdoel. 2014. Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII.C SMP Negeri 16 Kota Jambi Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pena Vol. 4 No.2 Desember 2014 ISSN 2089-3973.

Gani, Moch. 2012. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gustiani, Tia. 2010. Karakteristik Siswa SMP dan SMA. https://www.scribd.com.

Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung. Bumi Aksara.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Perss.

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Silabus Bahasa Indonesia Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khotimah, Husnul dan Suryandari, Kartika Chrysti. 2016. Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Kosasih, E. 2006. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Liliskurniasih. 2011. Karakteristik Perkembangan Anak SMP. https://informa-sismpn9cimahi.wordpress.com/2011/05/13/karakteristik-perkembangan-anak-smp.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Margono, S. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran (Prinsip-Prinsip dan Penerapannya). Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Prianti, Tri. 2017. Hubungan Antara Media Dengan Tujuan Pembelajaran. Semarang: Universitas Sebelas Maret

Priyatni, Endah Tri. 2013. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohani, Ahmad. 2008. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustina, Ratna. 2014. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik SQ4R Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Program Pascasarjana Universitas Terbuka

Sanjaya, Wina H. 2011. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina H. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman R. Raharjo dan Amung H. 2013. Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo. Persada.

Sudjana, Nana. dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyonoa. 2012. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyonob. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alpha Bheta.

Susmita, Nelvia. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Mengunakan Media Audio Video pada Siswa Kelas X SMK PI Ambarukmo 1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran. Surabaya., PT. Temprina Media Grafika.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Teknik Pengajaran Keterampilan BerBahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2010. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trawoco, Kukuh Fajar. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Model Example Non-Example Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2, Oktober 2016, ISSN I2302-6405

Wardarita, Ratu. 2010. Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Palembang: Pararaton.

Wena, Made. 2012. Model Pembelajaran yang Inovatif Kontemporer. Malang. Bumi Aksara.

Witharza, Tiffani. 2016. Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Palembang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Yamin, H. Martinis. 2010. Kiat Membelajaran Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yani, Eli. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Kelas X 1 SMA Negeri I Waylima Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.3190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuyun Setiawan Putra, Mulyadi Eko Purnomo, Suhardi Mukmin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)