Interferensi Bahasa Bidang Morfologi dalam Aplikasi Grab: Kritik Penggunaan Bahasa Ranah Digital

Miftah Asyrofi Muhta, Yeyen Syafitri, Wahyuni Wahyuni, Sekar Chandra Sulistyowati, Laili Etika Rahmawati

Abstract


Dalam aplikasi grabditemukan bentuk interferensi bahasa bidang morfologi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kata yang mengandung interferensi bidang morfologi dalam aplikasi grab. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik dokumentasi yang bersumber dari aplikasi grab. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari aplikasi Grab. gejala interferensi bahasa dapat muncul sesuai dengan situasi dan kondisi penutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu alasan terjadinya interferensi bahasa adalah sebagai alat untuk strategi komunikasi. Dari penelitian tersebut gejala interferensi bahasa muncul karena maksud dan tujuan penutur untuk menarik perhatian konsumen. Penggunaan bahasa asing terlihat lebih gaul dan keren saat penutur memasarkan sebuah produk atau jasa.  Dari lima belas data yang telah ditemukan selain mengandung gejala interferensi bahasa, dalam penelitian ini pun ditemukan beberapa gejala bahasa lain yakni gejala alih kode serta campur kode yang terletak dalam aplikasi grab sebagai kritik penggunaan bahasa di media sosial.

Keywords


interferensi, bahasa, aplikasi, penggunaan, digital, grab

Full Text:

PDF

References


Ardila, spk. (2018). Analisis Tingkat Interferensi Bahasa Indonesia pada Anak Usia 12 Tahun Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Bahasa Kedua Orang Tua. Pendidikan, 1, No 4, 651–658.

Ayuta Puspa Citra Zuama, Cut Mutia Dinda, & Djalu Pamungkas. (2021). Telaah Regulasi Ojek Online di Indonesia dalam Perspektif Filsafat Fenomenologi Hukum. Reformasi Hukum, 25(1), 21–40. https://doi.org/10.46257/jrh.v25i1.182

Diani, I., Yunita, W., & Syafrudin. (2019). Interferensi Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 164-173. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/sem.

Farouq, M. A. Y. El. (2019). Analisis Peristiwa Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Hasta Wiyata, 2(2), 14–25. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.02

Jannah, L. U. (2016). Interferensi Bahasa Indonesia dalam Pemakaian Bahasa Inggris pada Wacana Tulis Siswa. Edu-Kata, 3(1), 81-86. https://doi.org10.52166kata.v3i1.1032.

Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 84-97. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.

Nashoih, A. K., & Darmawan, M. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 335. http://10.29240/jba.v3i2.1008. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1008

Pitoyo, A. (2017). Interferensi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Perkuliahan Keprotokolan. Jurnal Pena Indonesia, 3(2), 130–146.

Purbandini, W. K. (2017). Interferensi Bahasa Pada Tugas Mata Kuliah Komposisi Mahasiswa Tk. Ii Jurusan Bahasa Inggris Language Interference of Composition Task of Students Level Ii At English Department. Sigma-Mu, 9, 44–55.

Sukarno, R., & Abasa, R. M. (2020). Interferensi Bahasa Melayu Ternate dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate. Jurnal Bilingual, 10(2), 9-15. http://dx.doi.org10.33387j.bilingual.v11i1.3.

Susmita, N. (2015). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Smp Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Jambi Seri Humaniora, 17(2), 87–98. https://www.neliti.com/id/publications/43500/alih-kode-dan-campur-kode-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-di-smp-negeri-12-k




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.3187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Miftah Asyrofi Muhta, Yeyen Syafitri, Wahyuni Wahyuni, Sekar Chandra Sulistyowati, Laili Etika Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)