Pengembangan Materi Ajar Tata Kalimat pada Teks Deskripsi dengan Pendekatan Kontekstual

Chotimah Nur Fayyadh, Sintowati Rini Utami, Lia Marliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar tata kalimat pada teks deskripsi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP. Tata kalimat yang dibahas meliputi unsur-unsur kalimat, pola kalimat dasar, dan jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa. Komponen pendekatan kontekstual yang digunakan pada pengembangan materi ajar ini meliputi konstruktivisme, pemodelan, menemukan, dan penilaian sebenarnya. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan mengadaptasi tiga tahapannya yakni analisis (analysis), desain (design), dan pengembangan (development). Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi pengembangan materi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,43 dengan klasifikasi sangat baik. Hasil validasi pengembangan materi oleh ahli metodologi mendapatkan rata-rata skor 4,47 dengan klasifikasi sangat baik. Simpulan dari kedua validator, materi ajar tata kalimat pada teks deskripsi dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMP layak digunakan sebagai materi ajar di sekolah.

Keywords


materi ajar bahasa, tata kalimat, teks deskripsi, pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Ketiga, cet. 8. Jakarta: Balai Pustaka.

Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: PT Prestasi.

Andriadin. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Batu. Jurnal Ilmiah NOSI, 8(2).

Brach, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer Science & Business Media.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin. (2013). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hermaditoyo, Stanislaus. (2018). Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2).

Keraf, Gorys. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.

Keraf, Gorys.. (2001). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT SUN.

Komalasari. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Putrayasa, Ida Bagus. (2007). Analisis Kalimat: Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung: Refika Aditama.

Putrayasa, Ida Bagus. (2013). Penelusuran Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Tata Kalimat dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas I SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Putrayasa, Ida Bagus. (2019). Syntactical Analysis of Essays. International Journal of Sciences and Humanities, 3(2).

Sidu, La Ode. (2012). Sintaksis Bahasa Indonesia. Kendari: Unhalu Press.

Tata. (2016). Pada KBBI Daring. Diakses pada 10 Desember 2021, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tata.

Utami, Sintowati Rini. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).

Verhaar. (2006). Asas-Asas Linguistik. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i1.3174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Chotimah Nur Fayyadh, Sintowati Rini Utami, Lia Marliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)