Menguak Nilai Pendidikan Karakter Buku Bacaan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kelas Rendah Sekolah Dasar

Winda Dwi Lestari, Atiqa Sabardila

Abstract


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan buku bacaan non teks untuk anak sekolah dasar tingkatan kelas rendah secara digitaldalam situs resmi gln.kemdikbud.go.id. Buku tersebut memuat nilai-nilai karakter sesuai misi bangsayaitu mencerdasakan siswa secara karakter.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku bacaanKementerian Pendidikan dan Kebudayaan kelas rendahdan mendeskripsikan kesesuaian penerapannya menurut Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Nilai karakter dalam buku tersebut ditunjukkan melalui percakapan, tindakan atau jalan pikiran tokoh. Selanjutnya, nilai-nilai tersebut ditandai dan catat. Nilai karakter menurut Permendikbud Nomor 20Tahun 2018 dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan digunakan sebagai landasan. Setelah data-data terkumpul, maka data tersebut siap untuk dianalisis. Teknik datanya menggunakan teknik menyimak, mencatat, dan menulis. Hasil penelitian diperoleh 9 nilai pendidikan karakter berupa 23 nilai peduli sosial, 10 nilai kerja keras, 9 nilai keagamaan, 2 nilai toleransi, 1 nilai peduli lingkungan, 1 nilai mandiri, 1 nilai cinta tanah air, 1 nilai tanggung jawab, dan 1 nilai gemar membaca. Nilai ini berkembang dari 5 nilai karakter utama karakter bangsa yang dicanangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 seperti religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas.

Keywords


nilai karakter, GLN, buku bacaan, sekolah dasar, kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163–180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778

Aisyah, E. N., & Wulandari, R. T. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan. 10(1), 69-74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378

Dewi, P. P. (2017). Ziarah ke Tanah Makam Jawara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamari. (2017). Arsitektur Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Efendi, A. (2020). Nilai Karakter dalam Novel Biografi Hatta: Aku Datang karena Sejarah Karya Sergius Sutanto. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.31269

Erminawati, ND. (2018). Jangan Ambil Rumah Kami. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fajriniski, Zahar, E., & Masni, H. (2018). Analisis Pendidikan Karakter Nilai Kasih Sayang pada Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 142–150. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i1.43

Harjani, Mustika D. (2018). Berguru pada Anak Suku Laut Bajo. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya, 19 (2), 259-268. https://jurnalbpnbbali.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/Jnana/article/view/21

Hutama, F. S., Anhar, H. A., & Haidar, D. A. (2019). Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Bacaan pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 85-100. https://doi.org/10.35719/10.35719

Irma, C. N. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 14-22. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888

Jannah, E. M. N., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2019). Analisis Nilai-nilai Karakter Hasil Karya Menulis Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 149-155. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11928

Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Kegiatan Bercerita pada Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 5(2), 162-175 https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830

Marsudi, S., dkk. (2020). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: FKIP UMS.

Mushfi, M., Iq, E., Fadilah, N., & Jadid, U. N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal Mudarrisuna. 9(1), 1–25. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purawinangun, I. A. (2020). Menggali Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal melalui Cerita Rakyat dari Pulau Jawa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 7–8. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1785

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdiknas

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Putri, F. P., & Afnita, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bumi Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 9-19. https://doi.org/10.24036/108984-019883

Setyawan, A., Suwandi, S., & St Y, S. (2017). Muatan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778

Suyitman. (2017). Minuman Dongeng Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Triaristina, A., & Mukhlis, H. (2019). Implemetasi Pendidikan Karakter melalui Media Dongeng Berbasis Visual pada Anak Usia 4-6 Tahun. Journal of Psychological Perspective, 1(2), 35-40. https://doi.org/10.47679/jopp.1162019

Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2017). Nilai Moral dalam Cerita Babad Cirebon: Berdasarkan Penceritaan di Keraton Kanoman. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220. DOI: 24235/ileal.v3i1.1571

Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Dwi Lestari, Atiqa Sabardila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)