Menguak Nilai Pendidikan Karakter Buku Bacaan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kelas Rendah Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163–180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778
Aisyah, E. N., & Wulandari, R. T. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan. 10(1), 69-74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378
Dewi, P. P. (2017). Ziarah ke Tanah Makam Jawara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Djamari. (2017). Arsitektur Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Efendi, A. (2020). Nilai Karakter dalam Novel Biografi Hatta: Aku Datang karena Sejarah Karya Sergius Sutanto. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.31269
Erminawati, ND. (2018). Jangan Ambil Rumah Kami. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fajriniski, Zahar, E., & Masni, H. (2018). Analisis Pendidikan Karakter Nilai Kasih Sayang pada Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 142–150. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i1.43
Harjani, Mustika D. (2018). Berguru pada Anak Suku Laut Bajo. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya, 19 (2), 259-268. https://jurnalbpnbbali.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/Jnana/article/view/21
Hutama, F. S., Anhar, H. A., & Haidar, D. A. (2019). Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Bacaan pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 85-100. https://doi.org/10.35719/10.35719
Irma, C. N. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 14-22. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888
Jannah, E. M. N., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2019). Analisis Nilai-nilai Karakter Hasil Karya Menulis Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 149-155. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11928
Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Kegiatan Bercerita pada Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 5(2), 162-175 https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830
Marsudi, S., dkk. (2020). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: FKIP UMS.
Mushfi, M., Iq, E., Fadilah, N., & Jadid, U. N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal Mudarrisuna. 9(1), 1–25. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purawinangun, I. A. (2020). Menggali Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal melalui Cerita Rakyat dari Pulau Jawa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 7–8. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1785
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdiknas
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Putri, F. P., & Afnita, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bumi Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 9-19. https://doi.org/10.24036/108984-019883
Setyawan, A., Suwandi, S., & St Y, S. (2017). Muatan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778
Suyitman. (2017). Minuman Dongeng Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Triaristina, A., & Mukhlis, H. (2019). Implemetasi Pendidikan Karakter melalui Media Dongeng Berbasis Visual pada Anak Usia 4-6 Tahun. Journal of Psychological Perspective, 1(2), 35-40. https://doi.org/10.47679/jopp.1162019
Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2017). Nilai Moral dalam Cerita Babad Cirebon: Berdasarkan Penceritaan di Keraton Kanoman. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220. DOI: 24235/ileal.v3i1.1571
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Winda Dwi Lestari, Atiqa Sabardila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)