Model E-Genre Based Learning dalam Pembimbingan Penulisan Proposal Skripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1980. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.
Arono, A. & Arsyad, S. (2019). The Effect of Genre-Based Mentoring on Rhetorical Quality of Research Article Drafts by Indonesian Lecturers in Social Sciences and Humanities. International Journal of Instruction, 12(3), 35-50. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1233a
Arono, A. & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (2), 2548-8813. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365.
Arsyad, S. & Arono. (2016). Sukses Menulis Pendahuluan Artikel Jurnal Internasional. Jakarta: Halaman Moeka.
Arsyad, S. & Arono. (2019). Menulis Telaah Pustaka untuk Artikel Jurnal Internasional. Jakarta: Halaman Moeka.
Bawarshi, A., & Reiff, M. J. (2010). Genre: An introduction to history, theory, research, and pedagogy. West Lafayette, IN: Parlor Press.
Bhatia, V. K. (1993). Analysing Genre: Language Use in Professional Settings. Burnt Mill, England: Longman.
Burgos, E. G. (2017). Use of the genre-based approach to teach expository essays to English pedagogy students. HOW, 24(2), 141-159. http://dx.doi.org/10.19183/how.24.2.330
Creswell, J.W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.
Cronin, P., Ryan, F., & Coughlan, M. (2008). Udertaking a Literature Review: A step Approach. British Journal of Nursing. 17(1), 38-43.
Dewantara, A. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2).
Feez, S. & Joyce, H. (2002). Text-based syllabus design. Sydney, NSW : Ames.
Freak, C. B. & Swales, J. M. (2009). Telling a Research Antory: Writing a Literature Review. Michigan: The University of Michigan Press.
Hariyati, R. M. (2012). Survey kinerja dosen pembimbing skripsi dan kualitas skripsi mahasiswa akuntansi stie malangkucecwara. Jurnal Dinamika Akuntansi, 4(2).
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.
Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 156-162.
Iswanto, I., & Hidayat, D. (2020). Perubahan Budaya Tatap Muka Menjadi Online dalam Bimbingan Skripsi Mahasiswa. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 78-85.
Khasanah, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text melalui Genre Based Approach Berbantuan Media Instagram. Paedagogie, 13(1), 9-18.
Kurniawan, H., & Bondowoso, W. B. (2020). Sistem Informasi Terintegrasi Tugas Akhir/Skripsi Berbasis Web (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya). SIMADA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 2(2), 124-134.
Lim, J.M.H. (2006). Method sections of management research articles: A pedagogically motivated qualitative study. English for Specific Purposes, 25(3): 282-309.
Loan, N. T. T., & Pramoolsoop, I. (2016). Citation Practice in The Whole TESOL Master’s Theses by Vitnamese Postgraduates’. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies. 2(2), 1-17.
Mahanani, N., Mastuti, H., & KA, A. P. (2018). Meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif melalui Genre Based Approach pada siswa kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 39-46.
McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Mulyono, H., Ismayama, D., Liestyana, A. R., & Komara, C. (2021). EFL Teachers’ Peceptions of Indonesian Blended Learning Course Across Gender and Teaching Levels. Teaching English with Technology, 21(1), 60-74.
Nursalim, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Pembimbingan pada Sekolah Binaan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 131-138.
Nusantari, S. S., Sumarwati, S., & Anindyarini, A. Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Sukoharjo. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 206-214.
Resmisari, N. L. (2020). Penerapan Genre Based Intruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Pokok Bahasan Application Letters. simpuljuara, 2(3), 193-198.
Rose, D., & Martin, J. R. (2012). Learning to write, reading to learn: Genre, knowledge and pedagogy in the Sydney School. London: Equinox.
Swales, J. M. (1990). Genre Analysis: English in Academic and Research Settings, Cambridge, England: Cambridge University Press.
Swales, J. M. (2004). Research genres: Explorations and applications. Cambridge, England: Cambridge University Press.
Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-Faktor Penghambat Pengerjaan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Ft Uny. Jurnal Taman Vokasi, 3(1).
Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring.
Widagdo, A., Abidin, A. Z., Ansori, I., & Murtiningsih, T. (2010). Pemberdayaan Guru-guru SD melalui Pembimbingan Penulisan Proposal Pips (Ptk). Jurnal Abdimas, 14(2).
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui Blended Learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arono Arono, Syahriman Syahriman, Nadrah Nadrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)